Ambon (Antara Maluku) - Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memanggil para Ketua DPD partai politik (Parpol) tersebut dalam rangka memantapkan kemenangan saat pemilihan legislatif (Pileg) pada 9 April 2014.

Ketua DPD Partai Demokrat Maluku Jakobus Puttileihalat dikonfirmasi, Rabu, membenarkan hal itu untuk memantapkan konsolidasi di Jakarta dalam upaya memenangkan Pileg.

"Saya berangkat ke Jakarta, Rabu (2/4) pagi, karena dipanggil Ketua Umum (SBY) guna memantapkan konsolidasi kemenangan Pileg," ujarnya.

Bupati Seram Bagian Barat (SBB) itu mengatakan, Partai Demokrat berkepentingan dengan Pileg karena merupakan tolak ukur untuk memprakiraan peluang di pemilihan presiden (Pilpres) yang akan datang.

"Jadi Partai Demokrat harus meraih perolehan suara yang signifikan, baik di DPR - RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota agar strategis saat Pilpres," katanya.

Dia mengaku empat Caleg DPR - RI yang berasal dari daerah pemilihan (Dapil) Maluku diinstruksikan untuk menjaring pemilih signifikan sehingga minimal mempertahankan satu kursi yang diraih saat Pileg 2009.

Partai Demokrat Maluku pada Pileg 2009 menempatkan Sonny Waplau di Senayan, sedangkan 2014 mencalonkan Suadi Marasabessy, Elwen Roy Pattiasina, Hj.Derita Rina dan Odilia Alurjenan Uwuratuw.

Karena itu, para Caleg dimotivasi untuk memanfaatkan kampanye dialogis maupun simpatik agar meyakinkan pemilih sehingga saat pencoblosan memberikan hak politiknya kepada kader Partai Demokrat.

"Kami berusaha keras agar satu dari empat anggota DPR - RI kuota Maluku itu dipertahankan sehingga bisa melanjutkan berbagai program strategis," ujar Jakobus.

Empat Caleg Partai Demokrat itu akan bersaing keras dengan 44 Caleg lainnya dari 11 Parpol lainnya guna menarik simpati dari daftar pemilih tetap (DPT) penyempurnaan 1.181.065 orang.

Jumlah DPT perbaikan berkurang sebanyak 5.416 pemilih dibanding ditetapkan pada 2 November 2013.

KPU Maluku menetapkan DPT di Ambon pada 2 November 2013 untuk pemilihan umum, baik anggota DPR - RI , DPD - RI, DPRD Maluku serta Kabupaten dan Kota pada 2014 sebanyak 1.186.481 orang.

Pewarta: Lexy Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014