Kepolisian Daerah (Polda) Maluku melaksanakan tactical floor game (TFG) atau simulasi taktis operasional pengamanan dalam rangka meningkatkan kesiapan pengamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

"Saya ingin menyampaikan kembali bahwa TFG ini bertujuan untuk membiasakan diri dan kesiapan kita untuk menghadapi kondisi nyata di lapangan saat melaksanakan pengamanan. Saya minta seluruh peserta agar mengikuti TFG ini dengan baik dan serius," kata Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Eddy Sumitro Tambunan, di Ambon, Kamis.

TFG yang dilangsungkan di Gedung Plaza Presisi Manise Polda Maluku ini turut dihadiri langsung Wakapolda Maluku Brigjen Pol Samudi, Irwasda dan para pejabat utama Polda beserta seluruh Kasatgas dan Kasubsatgas Operasi Mantap Praja (OMP) Salawaku Polda Maluku.

Kapolda dalam arahannya mengingatkan setiap personel yang menjalankan tugas agar dapat dilakukan secara baik, profesional dan sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Meskipun terlihat sebagai suatu permainan, namun Kapolda menekankan pentingnya pelaksanaan TFG untuk mengantisipasi setiap kemungkinan yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

"Kegiatan ini memiliki manfaat yang sangat penting. Oleh karena itu apabila ada saran dan masukan agar dapat disampaikan untuk kelancaran pengamanan kita nanti di lapangan," ujarnya.

Di sisi lain, kata dia, Polda Maluku berkomitmen untuk terus berkoordinasi dengan masyarakat dan tokoh lokal guna menyosialisasikan pentingnya partisipasi aktif dalam pilkada yang aman dan damai.

Kapolda menekankan bahwa peran serta masyarakat sangat penting dalam menjaga stabilitas, sehingga diharapkan semua elemen dapat bekerja sama demi suksesnya pemilihan nanti.

Menurut dia, dengan dilaksanakannya simulasi taktis ini Polda Maluku menunjukkan keseriusan dan komitmen untuk menjaga keamanan serta menciptakan situasi yang kondusif dalam menyongsong Pilkada.

"Diharapkan, dengan persiapan yang matang, pelaksanaan Pilkada dapat berjalan lancar dan menghasilkan pemimpin yang amanah dan dapat diterima oleh seluruh masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024