Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Maluku Utara (Malut) Hidayat Mudaffar Syah meminta agar  masyarakat memperkuat nilai-nilai kebangsaan

"Mengingat tantangan bangsa hari ini diperhadapkan dengan berbagai hal. Mulai dari tantangan global hingga ancaman terjadinya disintegrasi bangsa," katanya saat dihubungi, di Ternate, Jumat.

Dirinya mengungkapkan, untuk mendukung kerja-kerja penguatan nilai kebangsaan di tengah masyarakat, t DPD akan berpartisipasi dalam kegiatan Pemantapan nilai-nilai kebangsaan.

Oleh karena itu, harus kembali menjiwai nilai-nilai kebangsaan dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga bangsa ini tetap kuat, warganya saling mencintai, dan menjunjung nilai-nilai nasionalisme dalam menghadapi tantangan global,” pungkas Sultan Ternate.

Hidayat M Syah mengungkapkan bahwa nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI perlu menjadi salah satu kegiatan rutin yang didesain dalam bentuk sosialisasi kepada masyarakat.

"Nilai-nilai kebangsaan ini wajib terus disampaikan ke tengah masyarakat agar menjadi sumber kekuatan dalam menjaga keutuhan NKRI," ujar Hidayat yang juga Sultan Ternate tersebut..

Dirinya juga mengingatkan bahwa nilai-nilai kebangsaan ini dapat meresap ke dalam jiwa warga negara apabila perbedaan penafsiran terhadap hak-hak masyarakat adat disamakan.

"Hak adat atas tanah adalah hak masyarakat adat yang telah ada jauh sebelum terbentuknya NKRI. Oleh karena itu, Pemerintah RI hendaknya memperhatikan betul hak-hak masyarakat adat tersebut, sehingga ketika ada keinginan dalam penggunaan tanah adat, maka harus melibatkan lembaga dan masyarakat adat," kata Hidayat.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024