Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi di Thailand, Universitas Khon Kaen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan sumberdaya manusia di daerah tersebut.

"Kerja sama tersebut diwujudnyatakan dengan menggelar seminar Internasional ke-7 Universitas Pattimura tentang penelitian bahasa dan interdisipliner, serta pelaksanaan kegiatan ekspo bahasa, budaya, dan Pendidikan Universitas Pattimura ke-8 Tahun 2024," kata Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof Dominggus Malle di Ambon, Sabtu.

Kegiatan itu bertema komunikasi multilingual dan pertukaran budaya dalam konteks global yang dilaksanakan secara hybrid dan bertujuan untuk memperkenalkan selain untuk memperkenalkan program kerja sama pendidikan antara Universitas Pattimura dengan negara-negara sahabat.  

Menurut Malle, hal itu merupakan bagian penting dari kegiatan akademik, karena mencerminkan dedikasi untuk memajukan penelitian dan pendidikan di bidang bahasa, budaya, dan studi interdisipliner.

"Sebuah upaya tetap memelihara dan mengembangkan kemitraan yang membanggakan telah terjalin lama antara Universitas Pattimura dan Universitas Khon Kaen, Thailand. Kolaborasi ini telah memperkuat ikatan akademik antara kedua instansi dalam memfasilitasi pertukaran ide, penelitian, dan praktik, yang semuanya sangat penting di Era Global saat ini," tuturnya.

Ia melanjutkan bahwa pihaknya berterima kasih kepada Universitas Khon Kaen atas dukungan yang terus menerus dan peran integral dalam perjalanan akademik secara langsung berkontribusi terhadap upaya Universitas Pattimura menuju World Class University atau kampus bertaraf dunia.

Khon Kaen University (KKU) adalah sebuah universitas di Isan yang bersifat komprehensif dan penelitian intensif. Menurut peringkat universitas dunia QS 2021, KKU menduduki posisi ke-151 di Asia dan ke-6 di Thailand dan di tahun 2022 meningkat dengan menduduki posisi ke-5 di Thailand.

Sedangkan peringkat menurut Ranking Web Universities versi Webometrics, KKU meraih peringkat ke-215 di Asia, ke-16 di Asia Tenggara serta ke-5 di Thailand. KKU memiliki salah satu tingkat penerimaan masuk kompetitif tertinggi di Isan.

 

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2024