Ambon (Antara Maluku) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon mulai mendistribusikan logistik Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014 ke kecamatan Nusaniwe atau daerah pemilihan (dapil) tiga, Sabtu.

"Distribusi logistik hari ini dimulai di Kecamatan Nusaniwe atau dapil tiga Kota Ambon sebanyak 404 kotak suara," kata Ketua KPU Kota Ambon, Marthinus Kainama di Ambon, Sabtu.

Menurut dia, pendistribusian logistik dilakukan secara bertahap dengan pengiriman ke satu kecamatan terlebih dulu sebanyak 404 kotak suara untuk 202 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Proses distribusi dilakukan dari gudang logistik pileg di gedung olahraga Karang Panjang ke 15 Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kecamatan Nusaniwe yang terdiri dari 10 kelurahan dan lima negeri atau desa.

Pendistribusian tersebut, langsung menuju kantor PPS di kelurahan dengan pengawalan personel kepolisian dari Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease serta dan petugas KPU.

"Setelah tiba di PPS logistik juga akan dikawal personel kepolisian dan penyelenggaran Pemilu hingga hari pemilihan nanti," katanya.

Marthinus menjelaskan, kotak uara yang dikirim tersebut berisi seluruh logistik Pemilu seperti surat suara, formulir C dan C-1 untuk berita acara penghitungan suara, dan kertas C-1 Plano yang berukuran besar untuk proses penghitungan suara di TPS.

Dilengkapi juga dengan bilik suara, tinta, alat coblos dan busa yang menjadi alas dalam pencoblosan, tanda pengenal petugas, sampul, segel, dan tali yang akan dipergunakan di TPS.

"Kami juga menyiapkan surat suara tambahan sebanyak dua persen dari jumlah DPT di TPS yang bersangkutan disesuaikan dengan peraturan," katanya.

Dia mengatakan, distribusi akan dilanjutkan Minggu (6/4) ke dapil dua yakni Kecamatan Teluk Ambon dan Baguala sebanyak 788 kotak suara.

Dapil dua terbagi menjadi 197 TPS yakni 105 TPS di Kecamatan Baguala dan 92 TPS di Kecamatan Teluk Ambon atau 17 PPS.

Sedangkan distribusi terakhir akan dilakukan ke dapil satu yakni Kecamatan Sirimau dan Leitimur Selatan sebanyak 1.348 kotak suara.

Terbagi menjadi 314 TPS di 19 PPS di Kecamatan Sirimau dan delapan desa atau 23 TPS di Kecamatan Leitimur Selatan.

"Kami berupaya agar semua proses ini berjalan sesuai jadwal yang ditetapkan, kalaupun mengalami perubahan hanya terkait dapil mana yang akan didistribusi lebih awal, tetapi jumlahnnya tidak akan mengalami perubahan," ujar Marthinus.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014