Ternate (Antara Maluku) - Sedikitnya 20 petak rumah asrama Polres Ternate, Maluku Utara (Malut) yang terletak di belakang Mapolres Ternate, Minggu Siang ludes terbakar, namun tidak ada korban jiwa dalam musibah itu.

Kapolda Malut, Brigjen Pol Sobri Effendi Surya yang ditemui saat meninjau ke TKP (tempat kejadian perkara) mengatakan, penyebab kebakaran belum diketahui dan akan segera diselidiki oleh tim dari Labfor Polri Makassar yang kebetulan sedang berada di Kota Ternate.

Tim Labfor tersebut berada di Ternate untuk menyelidiki penyebab terbakarnya Kantor Sabhara, rumah dinas Kapolres Ternate dan mes Polwan yang terjadi pada Sabtu dinihari (26/7).

Kapolda mengatakan, penyebab terbakarnya asrama Polres pada Minggu Siang serta Kantor Sabhara, rumah dinas Kapolres Ternate dan mess Polwan pada Sabtu dinihari tersebut masih dalam penelitian tetapi dapat dipastikan tidak ada unsur kesengajaan.

"Penyebab kebakaran tersebut bisa jadi karena hubungan arus pendek atau kelalaian anggota yang membuang puntung rokok di sembarang tempat, apalagi saat ini sedang musim kemarau, namun untuk memastikannya menunggu hasil penyelidikan dari tim Labfor," katanya.

Menurut Kapolda, penghuni asrama Polres yang terbakar tersebut untuk sementara ditampung di aula Mapolres, sedangkan untuk kebutuhan konsumsi akan segera dibangun tenda dapur umum, sedangkan tempat tinggal selanjutnya akan diupayakan secepatnya.

Saat Kantor Sabhara, rumah dinas Kapolres Ternate dan mess Polwan terbakan sempat terjadi ledakan yang diduga berasal dari tabung gas air mata dan sejumlah peralatan lain yang berada di dalam kantor Sabhara.

Sedangkan, kebakaranyang menghanguskan 20 petak rumah asrama nyaris merembes ke Kantor Polantas yang menyimpan puluhan motor hasil tilang, tetapi beruntung cepat diatasi dengan mengerahkan empat unit mobil kebakaran dan satu unit mobil wattercannon dari Polda Malut.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014