Ambon (Antara Maluku) - Sebanyak 421 peserta terdaftar mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPN) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

"Tercatat sebanyak 421 peserta telah mendaftarkan diri mengikuti seleksi secara online serta mengirimkan berkas fisik melalui kantor pos Ambon," kata Kepala Badan Kepegawaian Kota Ambon, Benny Selanno, senin.

Menurut dia, penerimaan CPNS Pemkot Ambon diprioritaskan untuk jabatan fungsional umum dan tertentu, sedangkan untuk tenaga guru khusus untuk Sekolah Menengah Kejuruan.

421 peserta yang telah mendaftar untuk beberapa jabatan yakni analisis produk hukum sebanyak 44 peserta, analisis sengketa peradilan 30 peserta, analisis sistem informasi 23 peserta, apoteker pertama 25 peserta, auditor pertama sebanyak 27 peserta.

Jabatan fungsional tertentu yakni dokter gigi pertama sebanyak lima peserta, dokter umum pertama empat peserta, guru desain dan proteksi sebanyak enam peserta, guru multimedia dua peserta, guru rekayasa perangkat lunak enam peserta, guru teknik instalasi tenaga listrik sebanyak 16 peserta.

Sedangkan jabatan guru nautika kapal penangkapan ikan pertama tidak ada yang mendaftar, jabatan mediator hubungan industrial pertama sebanyak 42 peserta, penata ruang pertama sebanyak 66 peserta.

"Pengawas penyelenggara urusan pemerintahan daerah pertama 12 peserta, penguji kendaraan bermotor pelaksana 14 peserta, pranata kearsipan 63 peserta dan satuan polisi pamong praja pertama sebanyak 14 peserta," katanya.

Benny mengatakan, pihaknya akan melakukan proses verifikasi seluruh berkas yang dikirm peserta, bekerjasama dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Maluku.

"Proses verifikasi akan dilakukan bersama LPMP karena, guna menghindari berkas yang tidak semua memenuhi syarat karena ditemukan beberapa pelamar yang ijasah digunakan berbeda dengan apa yang dibutuhkan, ujarnya

Proses verifikasi, katanya dilakukan agar para pelamar yang memenuhi kriteria, dapat mempersiapkan diri dalam tes CPNS yang akan dilakukan pada 27 Oktober 2014. Seleksi akan dilaksanakan di dua lokasi yakni SMA Negeri 1 SMP Negeri 6 Ambon.Sistem yang akan digunakan dalam seleksi yakni Computer Assisted Test (CAT) atau sistem yang berbasis komputer, dan LJK (Lembar jawab Komputer).

Ia menambahkan,sitem CAT yakni metode seleksi menggunakan Software dengan alat bantu computer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS.

"Hal ini penting untuk mewujudkan profesionalisme, serta efisiensi agar tidak menimbulkan kecurigaan. Selain itu proses pendaftaran melalui jasa pos untuk mengontrol arsip ijazah dan lainnya," tandasnya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014