Ternate (Antara Maluku) - Penampilan grup Qasidah Rebana mewarnai pembukaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) tingkat Provinsi Maluku Utara (Malut), yang digelar di Kawasan Pusat Hiburan Rakyat Kota Ternate, Selasa.

Wakil Gubernur Malut Muhammad Natsir Thaib saat membuka acara mengapresiasi penampilan grup qasidah rebana itu yang menunjukkan kondisi kerukunan antarumat beragama di daerah ini sangat baik.

"Oleh karena itu, kegiatan yang digelar umat Kristiani seperti Pesparawi dengan
melibatkan group kesenian bernuansa Islam atau sebaliknya di daerah ini harus
ditingkatkan untuk semakin mempererat kerukunan antar-umat beragama," katanya.

Wagub mengatakan, acara ini juga mendapat dukungan semua pihak dan Kota Ternate sebagai tuan rumah telah membuktikan bahwa masyarakat di daerah ini sangat plural dan menghormati kemajemukan.

Pesperawi provinsi Malut ini merupakan yang kedua kali dipusatkan di Kota Ternate. Tema "Sungguh Alangkah Indahnya Hidup dalam Persaudaraan dengan Rukun" yang diusung membuktikan kegiatan ini bisa melahirkan semangat pluralisme yang hakiki.

Ketua Lembaga Pengembangan Perparawi Daerah (LPPD) Malut Robinson Missi mengatakan, pelaksanaan Pesparawi ke-II tingkat Provinsi Maluku Utara diikuti delapan kabupaten/kota.
 
“Seluruh peserta sudah melakukan registrasi sejak Senin hingga hari ini. Total peserta sekitar 1.200 orang," katanya.

Pesparawi tahun ini melombakan 12 kategori termasuk festival yanger yang diikuti oleh kontingan Halmahera Utara dan Kota Ternate.

Kegiatan dijadwalkan berlangsung mulai 7-11 Oktober 2014, dan dilengkapi promosi wisata, dimana seluruh peserta akan diajak menikmati potensi pariwisata di kota Ternate.

Para pemenang Pesparawi akan mewakilli provinsi Maluku Utara pada kegiatan Pesparawi tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di Kota Ambon pada Oktober 2015.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014