Ambon (Antara Maluku) - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Chairul Tanjung menegaskan pemerintahan baru dibawah kepemimpinan Joko Widodo (Jokowi) sebagai presiden, akan melanjutkan proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

"Pak Jokowi sudah berjanji untuk meneruskan proyek MP3EI karena manfaatnya dirasakan secara luas di seluruh Indonesia," kata Menko Chairul Tanjung kepada Antara di Ambon, belum lama ini.

Menko Chairul Tanjung berkunjung ke Ambon atas perintah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menyerahkan bantuan senilai Rp2,45 miliar kepada masyarakat di Pulau Banda serta meresmikan sejumlah proyek infrastruktur perhubungan di Tual dan Maluku Tenggara.

Menurut Menko,  Presiden dalam pertemuan dengan para gubernur yang juga dihadiri Presiden terpilih Joko Widodo, menyampaikan harapan agar proyek MP3EI dapat dilanjutkan sesuai perencanaan hingga tahun 2025.

"Dalam pertemuan tersebut Pak Jokowi langsung merespons harapan para gubernur itu untuk meneruskan proyek yang manfaatnya telah dirasakan secara luas itu," katanya.

Chairul Tanjung berharap berbagai komponen masyarakat tidak menilai negatif proyek tersebut karena baru dimulai tahun 2011 dan masih dibutuhkan 11 tahun untuk menyelesaikannya.

"Semua harus berpikir positif apalagi masih perlu 11 tahun untuk menyelesaikan proyek MP3EI. Dampaknya akan semakin besar dirasakan dan dinikmati masyarakat di tahun-tahun mendatang," katanya.

Menurut dia, khusus provinsi di luar Pulau Jawa sangat terasa sekali getaran pembangunan proyek MP3EI, terutama untuk membangkitkan perekonomian secara lebih luas dan besar.

Khusus pada Koridor VI Maluku dan Papua, Chairul Tanjung mengaku tidak mengingatnya secara detail, tetapi program pembangunan mega proyek tersebut terus berlangsung secara terukur.

"Khusus pada Koridor VI lebih banyak dititik beratkan untuk membangun infrastruktur dasar terutama di bidang perhubungan guna membuka keterisolasian daerah serta membangun konektivitas antardaerah," katanya.

Pewarta: James F. Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014