Ambon (Antara Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon diminta segera memfungsikan terminal transit yang ada di Desa Passo agar bisa mengurangi kemacetan di ibu kota Provinsi Maluku itu.

"Pemkot harus segera memfungsikan terminal transit agar mobil - mobil angkutan umum yang datang dari luar kota terutama mobil angkutan dalam provinsi yang menghubungkan Kota Ambon dengan tiga kabupaten yang ada di Pulau Seram hanya sampai di terminal transit dan tidak lagi masuk ke Ambon," kata Wakil Ketua DPRD Kota Ambon Husein Toisuta di Ambon, Senin.

Menurutnya, difungsikannya terminal transit akan mengurangi kemacetan dan masalah perparkiran di Kota Ambon.

"Terjadinya kemacetan dan semakin sulitnya tempat parkir juga disebabkan masuknya mobil - mobil dari luar kota," ujarnya.

Husein mengatakan, tertib parkir di Kota Ambon hingga kini belum berjalan dengan baik karena memang lahan parkir sudah tidak memadai.

"Jadi kalau terminal transit Passo sudah difungsikan, kemacetan bisa berkurang dan dan tertib parkir bisa berjalan dengan baik," katanya..

Husein menambahkan, Pemkot Ambon juga harus tegas melakukan penertiban di beberapa ruas jalan di kawasan Mardika yang semrawut karena banyak pedagang kaki lima (PKL) yang tidak mau tertib.

"Bayangkan saja, lokasi - lokasi berjualan di pasar Mardika dan pasar Batu merah banyak yang tidak digunakan, dan PKL justru berjualan di atas trotoar dan bahu jalan," ujarnya.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014