Ternate (Antara Maluku) - Dari 1.882 peserta yang ikut seleksi CPNS di Kota Ternate, Maluku Utara, sebanyak 1.664 peserta dipastikan tidak lulus dan dari hasil tes hanya 238 orang yang dinyatakan lulus.

"Dari hasil rekapan selama tes CPNS yang berlangsung enam hari itu, mereka yang berjumlah 1.849 orang yang ikut tes CPNS Pemkot Ternate hanya 238 yang lulus, sisanya tidak mencapai `pasing grade`," kata Kabid Pengembangan Pegawai BKD Kota Ternate, Prinursanti Andili di Ternate, Rabu.

Dari hasil itu yang terbanyak mencapai "pasing grade" itu adalah formasi perawat dan kebidanan serta formasi sospol, yakni penyuluhan KB dan formasi perundang-undangan. Sementara untuk formasi Satpol PP yang berijasa SMA formasi yang ada sebanyak 5 orang, namun yang mencapai "pasing grade" hanya empat orang.

Bahkan, ada formasi yang paling banyak dicapai pasing gradenya yakni formasi perundang-undangan dan formasi yang diperuntukkan untuk tenaga kesehatan yakni perawat dan kebidanan serta formasi untuk tenaga Sospol.

Menurut dia, dari data yang dikantongi para peserta yang mencapai "pasing grade" pada seleksi CPNS ini ada beberapa peserta yang hingga hari terakhir pelaksaan tes CPNS memperoleh nilai tertinggi diraih oleh Ika Rahayu M. W Ninggolan yang mendaftarkan diri pada posisi jabatan analisa perundang-undangan memperoleh skor tes wawasan kebangsaan (TWK) 125, tes intelegensi umum (TIU) 125, dan tes kepribadian (TKP) 154.

Total nilai yang diperoleh mencapai 404.00, disusul Muliya Rahmawati yang melamar pada formasi jabatan dokter gigi yang memperoleh skor TWK 115, TIU 135, TKP 154, dengan total skor 404.00, Nur Riflianty Rivai memperoleh skor nilai TWK 143, TIU 100, TKP 143 dan total 388.00, Rizal yang memperoleh skor TWK 125, TIU 110, TKP 151 dengan total nilai 386.00 yang mendaftarkan pada posisi jabatan analisa dan informasi.

Ia mengatakan, yang mencapai "pasing grade" sebanyak 238 itu untuk formasi Satpol PP berijasa SMA itu hanya dari formasi 5 orang hanya 4 orang yang mencapai "pasing grade". Sedangkan formasi jabatan Satpol PP itu dari formasi 5 orang hanya 4 orang yang mencapai "pasing grade".

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014