Ambon (Antara Maluku) - Kepala Badan Kepegawaian Kota (BKK) Ambon, Benny Selanno menyatakan hasil seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kota Ambon akan diumumkan pekan terakhir November 2013.

"Pengumuman hasil akan disampaikan setelah panitia merampungkan data hasil tes dan dikirimkan kepada Panitia Seleksi Nasional (Panselna)," katanya di Ambon, Jumat.

Menurut dia, pelaksanaan seleksi CPNS berlangsung sejak 17 - 20 November dan diikuti 318 peserta. Dari seleksi tersebut sebanyak 40-50 persen peserta nilainya sesuai dengan "passing grade" yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

"Hasil seleksi tersebut kami telah mendapatkan nilai para peserta yang nantinya akan di rata-ratakan sesuai dengan jabatan yang akan ditempati," katanya.

Benny mengatakan, pihaknya sangat hati-hati untuk menempatkan para peserta berdasarkan ranking, karena kuota yang di siapkan oleh Pemkot Ambon hanya 30 orang untuk jabatan struktural, tenaga dokter, tenaga guru SMK.

"Saya pastikan pekan depan baru pihaknya bisa mengumumkan hasil tes kepada publik setelah mendapat arahan dari pemerintah pusat setelah memverifikasi hasil tes tersebut," katanya.

Dijelaskannya, kuota yang disiapkan Pemkot Ambon ada jabatan yang tidak diisi seperti jabatan struktural (pengujian kendaraan bermotor) karena tidak ada yang melamar.

Mengantisipasi jabatan yang tidak terisi, kata Benny pihaknya akan meninjau kembali peserta yang lulus pada bidang yang bisa mengisi jabatan yang kosong tersebut.

"Kami akan melakukan upaya antisipasi dengan menyesuaikan peserta yang lolos di bidang yang hampir sama dengan jabatan struktural pengujian kendaraan bermotor, sehingga kuota yang ditetapkan oleh pemerintah tidak ada yang kosong,"n katanya.

30 kuota yang disiapkan untuk beberapa jabatan yakni analisis produk hukum , analisis sengketa peradilan , analisis sistem informasi, apoteker pertama, auditor pertama.

Jabatan fungsional tertentu yakni dokter gigi pertama, dokter umum, guru desain dan proteksi, guru multimedia, guru rekayasa perangkat lunak, guru teknik instalasi tenaga listrik.

Jabatan guru nautika kapal penangkapan ikan, mediator hubungan industrial, penata ruang pertama, Pengawas penyelenggara urusan pemerintahan daerah, penguji kendaraan bermotor pelaksana, pranata kearsipan dan satuan polisi pamong praja pertama.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2014