Ambon (Antara Maluku) - Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas 1 Ambon Capt Ali Ibrahim melarang kapal berukuran kecil berlayar karena kondisi cuaca buruk dan perairan yang bergelombang tinggi.

"Kami sudah melarang kapal-kapal ukuran kecil tidak berlayar di wilayah perairan Arafura, Laut Aru, Tanibar dan perairan Maluku Barat Daya (MBD), karena di wilayah tersebut bergelombang tinggi," katanya, di Ambon, Selasa.

Menurut dia, larangan yang telah dikeluarkan pihaknya tidak dibatasi dalam satu kali 24 jam, karena bisa saja kondisi cuaca saat ini teduh tetapi pada waktu tertentu angin bertiup sangat kencang disertai gelombang tinggi.

"Kami juga telah memberlakukan sistem buka tutup khusus pelabuhan Ambon, pelabuhan Namlea dan sekitarnya, dengan melihat kondisi cuaca," ujar Capt. Ali.

Sistem buka tutup untuk dua pelabuhan tersebut, tambah dia, hanya sampai pada 16 Januari 2015, tergantung kondisi cuaca.

"Sasaran kami melarang adalah kapal-kapal ukuran kecil dan berlayar harus mengikuti perkembangan cuaca yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ambon. Sedangkan kapal PELNI dan kapal Kargo tetap berlayar

dengan tetap memperhatikan kondisi cuaca," ujarnya.

Disinggung keselamatan di laut pada 2014, menurut Capt Ali, pihaknya bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, karena keselamatan di laut jauh lebih baik daripada 2013.

"Kami yakin, ini karena adanya dukungan dari semua pihak yang selalu memperhatikan kondisi cuaca saat hendak berlayar, terutama kesadaran masyarakat semakin baik, sehingga resiko kecelakaan di laut dapat ditekan," katanya.

Karena itu, Capt Ali mengajak semua pihak yang menggunakan transportasi laut terutama masyarakat untuk sama-sama menciptakan keselamatan di laut.

"Kami meminta kepada masyarakat agar tidak melakukan perjalanan menggunakan transportasi laut jika tidak ada hal penting dalam kondisi cuaca buruk, karena bisa berdampak buruk terhadap keselamatan," ujarnya.

Karena itu, sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap keselamatan di laut, Capt Ali, tetap berkomitmen melaksanakan tugasnya sesuai intstruksi untuk mengawasi dan mengontrol aktifitas pelayaran dan memberikan peringatan kepada operator kapal untuk selalu waspada terhadap cuaca di laut.

"Untuk tahun 2015 ini, kami tingkatkan pelayanan dan pengawasan terhadap keselamatan di laut," katanya.

Pewarta: Finus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015