Ambon (Antara Maluku) - Museum Siwalima Provinsi Maluku menata ulang ruang pameran oseanografi dengan menambahkan foto-foto keindahan bawah laut di Maluku sebagai latar guna menarik lebih banyak pengunjung.

"Tahun ini kami berfokus menata ulang ruang pameran oseanografi. Kami akan menambah foto-foto bawah laut dari Dinas Pariwisata Provinsi Maluku untuk memperindah ruangan itu," kata Kepala Museum Siwalima Jean Esther Saija di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan penataan ulang tersebut seharusnya sudah dilakukan sebelum akhir tahun 2014, tetapi tertunda karena belum selesainya perbaikan konstruksi atap yang disebabkan oleh kurangnya bahan material yang digunakan, dan harus didatangkan dari luar Maluku.

Akibat keterlambatan pengerjaan tersebut, ruang pameran oceanografi terpaksa ditutup untuk sementara waktu selama tahun 2014 karena renovasi atap itu juga telah menyebabkan rusaknya seluruh vitrin (lemari koleksi) yang ada di dalam ruangan tersebut.

"Pelaksanaannya tertunda dan baru bisa dilaksanakan pada tahun ini karena batangan baja yang kami gunakan tidak ada di Ambon, tenaga pekerja juga harus didatangkan dari luar Maluku, tapi secepatnya akan dikerjakan agar segera bisa dibuka lagi untuk umum," ucapnya.

Dikatakannya lagi, dari empat ruang pameran yang dimiliki oleh Museum Siwalima, ruang pameran oceanografi merupakan salah satu andalan museum tersebut untuk mendongkrak jumlah angka kunjungan karena paling ramai dikunjungi.

Oleh karenanya setelah proses renovasi selesai dilakukan, pihaknya akan sesegera mungkin memperbaiki lemari koleksi di ruangan tersebut dan interiornya ditata ulang oleh tim khusus bidang koleksi, konservasi dan preparasi yang ada di Museum Siwalima.

"Ruang kelautan yang paling ramai dikunjungi, karena sekarang ini sedang tren poros maritim maka penataan ulang ruangan itu akan sedikit berbeda dari yang sebelumnya, ini diharapkan juga untuk menarik lebih banyak pengunjung lagi," ucapnya.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015