Ambon (Antara Maluku) - Gubernur Maluku Said Assagaff mengapresiasi pengabdian Mayjen TNI Meris Wiryadi selama menjabat Pangdam XVI/Pattimura karena telah memberikan kontribusi positif bagi kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat di daerah ini.

"Hari ini merupakan tonggak penting dalam perjalanan Kodam XVI/Pattimura. Bagi saya ini adalah esensi dasar kebutuhan Kodam dan sebuah kontribusi paripurna bagi kehidupan berbangsa dan bernegara serta bermasyarakat di daerah ini," kata Gubernur Said, pada acara Pisah Sambut Pangdam XVI/Pattimura dari pejabat lama Mayjen TNI Meris Wiryadi ke pejabat baru Mayjen TNI Wiyarto, di Ambon, Kamis.

Mayjen TNI Meris Wiryadi, akan menempati tugas yang baru sebagai Kepala Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad) di Mabes TNI. Sedangkan Mayjen TNI Wiyarto sebelumnya sebagai Aster KASAD.

Gubernur Said mengungkapkan, pejabat lama Pangdam XVI/Pattimura hampir sembilan bulan telah berkarya bersama pemerintah daerah dan masyarakat Maluku maupun masyarakat Maluku Utara.

"Walaupun sembilan bulan tetapi sangat luar bisa karena sudah banyak berbuat hal baik yang ditunjukan bagi kami. Sehingga ketika mendapat tugas baru sebagai Danpusterad, ini adalah sebuah modal sukses yang telah ditanamkan selama ini," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya yakin masyarakat Maluku banyak berkesan bersama Mayjen Meris Wiryadi.

Karena itu, secara khusus atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Maluku, "Saya menyampaikan terima kasih atas dukungan beliau dalam mensukseskan berbagai agenda pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat di daerah ini," ujarnya.

Karena itu, pihaknya akan terus mengenangnya sebagai hal baik dan perlu dicontohi. "Saya tidak akan menyebutkan prestasi beliau selama penugasan di daerah ini, dan saya yakin beliu sendiri juga tidak ingin hal itu disebutkan selain Allah yang mencatatnya sebagai sebuah amal ibadah bagi masyarakat Maluku," kata Gubernur Said.

Selanjutnya, dalam kebanggan dan kebahagiaan yang sama, lanjut Gubernur Said, pihaknya menyambut dengan suka cita Mayjen TNI Wiyarto beserta Ibu dan keluarga, yang pertama memulai karier pangabdian di jajaran Kodam XVI/Pattimura.

"Saya yakin pengalaman yang terakhir sebagai Aster Kasad, akan menjadi poin penting dalam rangka menjawab tugas pengabdian di daerah Maluku yang memiliki karakteristik daerah kepulauan," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Said, atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Maluku menyampaikan ucapan selamat jalan kepada Mayjen Meris Wiryadi dan menyampaikan terima kasih kepada Ibu Meris Wiryadi dan keluarga yang telah setia mendampingi dan mendukung selama bertugas di Provinsi Maluku dan Maluku Utara, bahkan selalu menunjukan partisipasi aktif dalam berbagai agenda bersama.

"Dengan hati terbuka, kami juga menyambut bapak Mayjen TNI Wiyarto bersama Ibu Wiyarto dan keluarga untuk mengemban tugas di daerah ini. Jadikanlah Maluku sebagai bagian dari karya dan kerja untuk bangsa dan negara, karena di sinilah kita dipercayakan mengabdi dan berbakti bagi Ibu Pertiwi," katanya.

Pewarta: Finus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015