Ternate (Antara Maluku) - Kelompok Tani Mandiri Nusantara, Provinsi Maluku Utara (Malut), mengembangkan varietas tanaman tomat unggulan dengan menggandeng sejumlah besar petani, guna meningkatkan produksinya secara kualitas maupun kuantitas.

"Pengembangannya melalui perkawinan silang maupun cara lainnya yang kini terus dicoba untuk menemukan varietas terbaik dan menjadikannya sebagai produk unggulan," kata Ketua Kelompok Tani Mandiri Nusantara Malut, Setiawan, di Ternate, Minggu.

Kelompok itu, katanya, berkeinginan agar buah tomat varietas baru hasil pengembangan petani setempat mampu menjadi produk unggulan bukan saja di wilayah Malut tapi juga menjangkau nusantara.

Dia mengatakan, varietas tomat baru yang saat ini digalakkan penanamannya dan pengembangannya itu dinamai `Tamara` yang diambil dari singkatan Tomat Maluku Utara.

Menurutnya, tomat jenis ini sedikit berbeda dari tomat biasa dengan ciri khas dagingnya relatif tebal dan bijinya tergolong sedikit, sehingga dapat disebut sebagai tomat buah atau tomat sayur karena bentuknya yang montok serta molek.

Mayoritas petani di kawasan itu, katanya, kini fokus pada penanaman tomat jenis Tamara, sehingga produk yang akan dihasilkan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Malut maupun di provinsi sekitar Malut, bahkan jika memungkinkan memenuhi permintaan ekspor.

Sedangkan lahan yang dipilih untuk menanam tanaman tomat ini tidak sulit, karena hampir 70 persen kawasan lahan pertanian di Malut dinilai cocok dan dapat digunakan sebagai media untuk tanaman Tamara tersebut, ujarnya.

"Daerah lainnya saat ini juga mempunyai produk unggulan tanaman pertaniannya seperti Gorontalo dengan jagungnya, Brebes dengan bawang merahnya, Manado dengan cabai dan Malut akan muncul dengan tomatnya atau Tamara tersebut," ujar Setiawan.

Dia mengatakan, berbagai cara akan terus dilakukan oleh para petani untuk dapat segera memberikan yang terbaik bagi daerah, termasuk pelaksanaan penanaman secara terpadu dan teratur dengan didorong rasa tanggung jawab yang tinggi, guna mewujudkan cita-cita bersama.

"Mari memberikan dukungan untuk para petani kita agar mereka selalu semangat dan bekerja keras meraih impian kita semua yakni melalui hasil pertanian yang bisa membawa prestasi tersendiri bagi daerah melalui Tamara," katanya. 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015