Ambon (Antara Maluku) - Pemerintah Kota Ambon pada kegiatan Safari Ramadhan 1436 Hijriah menyerahkan santunan kepada anak yatim piatu dan janda di empat kecamatan.

Sebanyak 50 anak yatim piatu yang ada di sejumlah panti asuhan serta janda memperoleh bantuan dari pemerintah selama kegiatan Safari Ramadhan yang digelar di 15 lokasi di Ambon pada 23 Juni - 13 Juli.

Bantuan diserahkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ambon di acara buka puasa bersama dengan masyarakat di Batu Merah, kecamatan Sirimau.

Wali Kota Richard Louhenapessy menyatakan, safari ramadhan merupakan bentuk silaturahmi pemrintah dengan warga masyarakat.

Kegiatan tersebut didasari atas kesadaran yang ikhlas dan dalam suasana silaturahmi persaudaraan, damai dan berkah yang dimaknai dalam bulan suci.

"Kita berharap kegiatan yang kita lakukan secara bersama, akan berdampak bagi peningkatan hubungan persaudaraan satu dengan lainnya, yang bermuara pada kesejahteraan seluruh masyarakat Kota Ambon," ujarnya.

Menurut dia, kegiatan tersebut merupakan komitmen pemerintah untuk menyikapi kerukunan agama di provinsi Maluku, khususnya kota Ambon.

"Kita berharap ibadah yang dilakukan memiliki nilai, karena di siang hari kita menahan haus lapar dan emosi,dan malam hari kita melakukan ibadah tarawih dan sunnah lainnya," katanya.

Kepala kantor Agama kota Ambon, Hanafi Kasim dalam tausiahnya mengatakan ibadah puasa merupakan ujian yang harus dilewati oleh umat Muslim.

"Puasa membawa berkah bagi kita semua sehingga harus dilewati sebagai sebuah ujian agar kita dibersihkan dari dosa serta mendekatkan diri dengan Allah SWT," katanya.

Ia menjelaskan, puasa juga mengajarkan umat untuk harus saling menolong, menghargai satu dengan yang lain bukan sebaliknya.

"Sikap saling menolong dan menghargai telah dicontohkan nabi Muhammad, karena itu toleransi beragama harus terus kita tanamkan dalam diri kita dan diteruskan kepada anak cucu kita sebagai generasi penerus bangsa," tandasnya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015