Ternate, 4/10 (Antara Maluku) - Tiga Program Studi (Prodi) di Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) Ternate mendapat akreditasi B sesuai hasil penilaian Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN - PT).

"Tiga Prodi tersebut adalah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) serta Teknik Pertambangan dan teknik Sipil, Fakultas Teknik," kata Kepala Penjaminan Mutu, UMMU Ternate, Irma Ibrahim,SE,MM di Ternate, Minggu.

Terakreditasinya tiga Prodi berstatus B memberikan jaminan mutu bagi semua pihak, terutama bagi calon mahasiswa, mahasiswa, lulusan dan pengguna lulusan UMMU.

Pertimbanganya, instansi pemerintah dan swasta menggunakan syarat akreditasi bagi penerimaan pegawai lulusan PT minimal terakreditasi B.

"Hasil akreditasi tiga Prodi memberi keyakinan kepada masyarakat bahwa UMMU mampu memberikan jaminan mutu bagi kegiatan Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Al-Islam Kemuhammadiyahan (catur Dharma) PT," ujar Irma.

SK-BAN-PT Nomor, 990/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015,SK-BAN-PT Nomor, 972/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015 dan SK BAN-PT Nomor,842/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2015, ditandatangani Ketua BAN-PT, Prof Mansur Ramli.

Irma bersyukur kepada Allah SWT atas prestasi pendidikan tersebut.

"Prestasi ini merupakan hasil kerjasama semua pihak yang ada di Universitas, Fakultas dan Prodi dalam melakukan pembenahan pada semua aspek," kata Irma.

Dia mengakui, prestasi ini pun harus dibarengi dengan pembenahan berdasarkan masukan pada saat visitasi agar mencapai hasil lebih baik.

Sedangkan, Rektor UMMU, DR Kasman Hi.Ahmad,M.Pd, mengakui, hasil akreditasi ini menambah jumlah Prodi yang telah terakreditasi B.

Sebelumnya adalah Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Politik, Sosiologi, Ilmu Komunikasi, Akuntansi, Ilmu Hukum, Agribisnis dan Kesehatan Masyarakat.

Begitu pun, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris,Matematika,Teknik Hasil Perikanan,Teknik Informatika dan Ilmu Administrasi Negara (S2) dalam proses Re-Akreditasi untuk status A.

Pewarta: M. Ponting

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015