Ambon, 30/10 (Antara Maluku) - Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Indonesia ( PP Pertina) siap mendukung atlet daerah untuk berkompetisi di tingkat Internasional, kata Ketua umum PP Pertina, Reza Ali.

"Kami akan menyiapkan dukungan berupa sarana, prasarana serta kesempatan seluas-luasnya untuk daerah bisa berkompetisi di tingkat internasional," katanya di Ambon, Jumat.

Menurut dia, prestasi tinju Indonesia yang dicapai hingga saat ini tidak terlepas dari dukungan seluruh Pengprov, sehingga atlet tinju bisa berkipras di tingkat nasional dan Internasional.

Harus diakui, katanya bahwa sesungguhnya Indonesia pernah merajai pentas dunia khusunya kawasan Asia, kita sangat disegani, dan berdasarkan penelitian cabang olah raga tinju yang bisa diandalkan sepanjang masa. 

"Tetapi 15-19 tahun lalu periode tahun 1990 an kita tidak bisa berbuat banyak, dan setelah dua tahun terakhir ini kita berupaya menggenjot dan menulang dengan satu harapan melalui provinsi Maluku," katanya.

Reza mengatakan, pihaknya mulai menggenjot atlet Maluku untuk kembali meraih prestasi, hal ini dilakukan karena jika dikonsolidasikan ke daerah lain tetapi Maluku sebagai gudang tinju belum bangkit.

Kenyataan di lapangan, Maluku dalam satu tahun terakhir telah menunjukan talenta bahwa Maluku memang berpotensi untuk menjaga martabat bangsa Indonseia di pentas tinju dunia.

"Tinju Maluku sudah kembali bangkit melalui prestasi yang dicapai, karena itu saya berharap talenta yang ada untuk terus dikembangkan," ujarnya.

Dijelaskannya, tinju merupakan alat pemersatu, karena olah raga ini dapat tercipta nilai sportivitas dan persaudaraan dibandingkan cabang olah raga lainnya.

"Di tinju mau berdarah maupun babak belur terkena pukulan tetap saling merangkul sesuai motto satria di dalam dan diluar ring, hal ini yang tidak dimiliki cabang olah raga lain," tandasnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga terus mendorong kaum muda dan remaja daerah untuk mengikuti pelatihan dan pembinaan di PPLP, sehingga kedepan akan lahir calon atlet yang akan mengharumkan nama Indonesia.

"Dukungan dari seluruh pihak baik tokoh dan masyarakat pencinta olah raga tinju, serta media juga harus kita dorong untuk membantu meningkatkan prestasi karena bukan hanya Maluku tetapi daerah lainnya bisa kontribusi untuk kepentingan bangsa dan negara," tandas Reza Ali.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015