Ambon, 19/11 (Antara Maluku) - Kapal penumpang milik PT.Pelni yakni KM. Tidar tetap melayari perairan Maluku setelah menjalani doking pada 3 - 16 November 2015

"KM. Tidar setelah menjalani proses doking, selanjutnya melakukan pelayaran percobaan dan hasilnya baik. Jadinya dijadwalkan pada 19 November 2015 sudah melakukan pelayaran dari Jakarta menuju pelabuhan Yos Sudarso, Ambon," kata Kepala Bagian Operasi PT.Pelni Cabang Ambon, Samto, di Ambon, Kamis.

Dijadwalkan pada 22 November 2015 tiba di pelabuhan Yos Sudarso, selanjutnya melakukan pelayaran sebagaimana biasanya menyinggahi sejunmlah daerah di Maluku.

"Jadi hanya 14 hari saja proses doking dan harus dilakukan semua kapal sebagai kewajiban untuk menjamin kenyamanan maupun keselamatan pelayaran," ujarnya.

Sedangkan terkait rute pelayaran KM Tidar tidak berubah karena tetap berlayar sebagaimana sebelum doking.

KM. Tidar tetap melayani rute Ambon - Banda - Tual - Dobo- Kaimana - Fak-Fak pulang pergi (PP).

"Jadi pelayaran KM Tidar dari Ambon sampai Fak-Fak kembali lagi hanya selama 14 hari," tandas Samto.

Malahan kalau terjadi perubahan, lanjutnya, sudah ada pemberitahuan sebelumnya. Begitu pun, penambahan armada di rute yang sama guna membantu operasional KM Tidar.

"Jadi masyarakat Maluku yang tinggal di Kota Ambon dan ingin kembali ke Dobo atau Kaimana dan Fak-Fak silahkan mempergunakan kapal Pelni KM Tidar yang sudah selesai proses doking dan siap melayani penumpang seperti biasa lagi dengan rute yang sama," ujar Samto.

Karena itu, tidak benar isu berkembang bahwa KM Tidar telah mengurangi rute perjalanan dari Ambon hanya sampai Pulau Banda saja.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015