Ambon, 1/1 (Antara Maluku) - Puluhan ribu warga dari berbagai penjuru Kota Ambon tumpah ruah dan memadati kawasan lapangan Merdeka dan Pattimura Park yang terletak di pusat ibu kota provinsi Maluku tersebut untuk merayakan malam "kunci taong" (tutup tahun-red).

Puluhan ribu warga baik orang tua, anak-anak serta generasi muda mulai memadati kawasan lapangan yang terletak di depan Balai Kota Ambon dan Kantor Gubernur Maluku tersebut, sejak Kamis malam pukul 20.00 WIT untuk merayakan malam pergantian tahun di kawasan tersebut.

Lokasi lapangan Merdeka maupun Pattimura park yang biasanya dijadikan sebagai tempat upacara maupun berbagai kegiatan skala besar tersebut, terlihat dipadati warga yang tumpah hingga ke ruas-ruas jalan di sekitar lokasi tersebut.

Begitu pun lokasi Gong Perdamaian Dunia yang letaknya di seberang jalan juga terlihat dipenuhi ribuan warga, yang memanfaatkan waktu untuk berpose dengan latar belakang pemandangan serta tata lampu yang gemerlap di kawasan tersebut, sambil menunggu waktu perayaan pergantian tahun yang dimulai pukul 00.00 WIT.

Kebanyakan warga terlihat membawa terompet maupun kembang api untuk merayakan malam pergantian tahun di kawasan tersebut.

Beberapa warga, terutama anak-anak yang tidak sabar menunggu momen pergantian tahun memilih menyalakan kembang api di beberapa sudut lapangan.

Sejumlah artis ibu kota maupun lokal naik ke atas panggung berukuran besar yang terletak di tengah lapangan Merdeka untuk menghibur ribuan warga yang menyemut di sekitar lapangan, sambil menunggu perayaan malam pergantian tahun.

Ruas-ruas jalan di sekitar lapangan Merdeka, Gong Perdamaian dunia dan Pattimura park terlihat macet dikarenakan banyaknya kendaraan roda dua maupun mobil yang diparkir hingga menutupi sebagian badan jalan.

Puluhan personil TNI dan Polri dengan dibantu Satuan Polisi Pamong Praja dan pramuka, terlihat sibuk mengatur arus kendaraan yang melewati ruas jalan sekitar lapangan, guna menghindari kemacetan.

Kapolda Maluku Brigjen Pol Murad Ismail didampingi Kapolres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease serta sejumlah perwira menengah Polda dan Polres Ambon, juga terlihat berada di lapangan untuk memantau situasi di sekitar malam pergantian tahun kawasan lapangan Merdeka, Gong Perdamaian dan Pattimura park.

Pemerintah Kota Ambon sengaja menjadikan kawasan Lapangan Merdeka, Gong Perdamaian dan Pattimura Park sebagai salah satu lokasi utama pusat perayaan malam pergantian tahun.

"Lapangan Merdeka di pusat kota menjadi fokus utama perayaan malam pergantian tahun 2015 dengan menampilkan artis ibu kota maupun musisi lokal," kata Kabag Humas dan Protokol kota Ambon Joy Reiner Adriaanzs, Kamis.

Menurut dia, perayaan malam pergantian tahun di Lapangan merdeka dimulai pukul 21.000 WIT hingga Jumat (1/1) dini hari dengan puncak pesta kembang api secara serentak dari sejumlah lokasi serta hiburan rakyat, tepat pukul 00.00 WIT.

Joy menyatakan, pesta kembang api dan hiburan dilakukan sebagai bentuk ungkapkan syukur atas kebesaran Tuhan yang telah menyertai seluruh warga di Ambon sepanjang 2015.

"Ini sebenarnya merupakan kegiatan seremonial pergantian akhir tahun berupa pesta kembang api dengan tujuan sebagai mengungkapkan syukur atas kebesaran Tuhan, sekaligus berbagi sukacita dengan seluruh masyarakat," ujarnya.

Selain lapangan Merdeka, juga terdapat tiga lokasi lain yang dijadikan sebagai pusat perayaan malam pergantian tahun yakni di Jembatan Merah Putih (JMP), kawasan Air Salobar dan Pusat perbelanjaan Ambon City Center (ACC) di Desa Passo, kecamatan Baguala.

"Jadi masyarakat dapat memilih lokasi strategis yang disesuaikan dengan tempat tinggal untuk merayakan pesta pergantian tahun, sehingga tidak semua datang ke kawasan Lapangan Merdeka," katanya.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016