Ambon, 2/1 (Antara Maluku) - PT.Pelni Pusat akhirnya memperbantukan KM. Gunung Dempo guna mengangkut penumpang arus balik dari Ambon menuju Papua.

"Kami baru mendapat kepastian dari Pelni pusat bahwa KM.Gunung Dempo sudah ditunjuk untuk membantu mengangkut penumpang arus balik dari Ambon menuju Papua, terutama ratusan penumpang dengan tujuan Nabire dan Wasior," kata Kepala Operasi PT.Pelni Cabang Ambon Samto di Ambon, Jumat.

Jadi, KM. Dempo akan berlayar dari Tanjung Priok dan dipastikan tiba di pelabuhan Ambon pada 4 Januari 2016, selanjutnya ke Sorong - Manokwari - Wasior - Nabire - Jayapura pergi - pulang(PP).

Dia menjelaskan, KM.Gunung Dempo diperbantukan guna mengangkut penumpang menuju beberapa kota di Provinsi Papua karena KM.Dobonsolo yang Jumat(1/1) berangkat dari pelabuhan Ambon pada pukul, 19.00 WIT dengan tujuan Sorong - Serui - langsung Jayapura tidak menyinggahi pelabuhan Nabire.

Dengan demikian penumpang arus balik dari Ambon menuju Wasior dan Nabire menumpuk di Ambon karena jadwal pelayaran kapal Pelni yang ditempatkan untuk melayani rute Ambon menuju Papua yakni KM. Dobonsolo dan KM.Cerimai dalam pelayaran menuju Jayapura dari Ambon tidak menyinggahi pelabuhan Nabire dan Wasior.

"Jadi para penumpang Nabire maupun Wasior, Provinsi Papua Barat yang selama ini mengeluh di kantor Pelni Cabang Ambon akibat tidak ada kapal yang akan melayani rute tersebut sudah terjawab dengan bantuan KM.Gunung Dempo," ujarnya.

Ditanya arus balik penumpang pada Jumat(1/1) yang diangkut KM.Dobonsolo dari pelabuhan Ambon menuju Sorong - Serui- Jayapura, Samto menjelaskan, diperkirakan mencapai 1.000 penumpang lebih.

"Penumpukan penumpang sudah mulai berkurang, sebab sudah diberitahukan kepada sejumlah penumpang bahwa PT.Pelni menyiapkan KM. Gunung Dempo guna mengangkut penumpang dengan rute pelayaran dari Ambon - Sorong - Manokwari - Wasior - Nabire dan lanjut ke Jayapura PP," katanya.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016