Ambon, 2/1 (Antara Maluku) - Rumkital dr. F.X. Suhardjo milik Pangkalan Utama TNI AL (LANTAMAL) IX Ambon akan menguatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan menggelar bakti kesehatan setiap bulan selama 2016.

"Kami akan melakukan penguatan di bidang pelayanan kesehatan kepada masyarakat, terutama di wilayah - wilayah kepulauan, dengan intensif melayani di Rumkital," kata Kepala Rumkital dr. F.X. Suhardjo, Letkol Laut (K) dr. Hisnindarsyah, di Ambon, Sabtu.

Ia mengatakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tersebut akan dilakukan rutin setiap bulan dalam bakti sosial kesehatan maupun Operasi Bakti Bahari yang dijalankan oleh LANTAMAL IX Ambon, termasuk juga melalui program Sailing Medical Service (SMS) oleh Dinas Kesehatan Provinsi Maluku.

Bentuk pelayanan kesehatan tersebut juga bermacam-macam, disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan tenaga medis yang dimiliki oleh Rumkital dr. F.X. Suhardjo.

"Untuk Operasi Bakti Bahari akan lebih diutamakan pada daerah-daerah yang memiliki Pos Angkatan Laut (POSAL) dan Pangkalan TNI AL (LANAL), yang mana tidak hanya ada pelayanan kesehatan saja tapi kegiatan lainnya juga," ujarnya.

Sebagai lembaga medis milik TNI AL, dr. Hisnindarsyah mengatakan, Rumkital dr. F.X. Suhardjo juga memiliki tanggung jawab untuk memperkuat keamanan kelautan melalui kontribusi di bidang pelayanan kesehatan.

Karenanya dengan memperkuat pelayanan kesehatan kepada masyarakat, maka secara tidak langsung Rumkital dr. F.X. Suhardjo akan menciptakan hubungan yang kuat antara TNI AL dengan warga.

"Fungsi kami adalah memperkuat ketahanan kelautan dan itu bukan hanya melalui persenjataan tapi juga melalui komunikasi dengan masyarakat untuk membantu menjamin keamanan wilayah NKRI," katanya. 

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016