Ambon, 22/1 (Antara Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melakukan pembangunan lanjutan berupa perluasan lokasi Pusat Pendaratan Ikan (PPI) Eri, Kecamatan Nusaniwe tahun 2016.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) kota Ambon, Fernanda Louhenapessy di Ambon, Kamis, menyatakan perluasan lokasi PPI Eri berupa rehabilitasi docking, dan pemasangan pipa untuk jaringan air bersih

"Proses tender telah dilakukan sejak tahun 2015 dan akan dilanjutkan pada tahun 2016 dengan rencana pembangunan lanjutan di areal pertama yakni untuk rehabilitasi docking, pipanisansi air bersih hingga ke dermaga," katanya.

Menurut dia, pembangunan lanjutan PPI Eri menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk melakukan perluasan areal pertama dan pelebaran ke arah laut.

Perluasan PPI melalui dana DAK infrastruktur daerah, guna proses penimbunan lahan serta penambahan areal dan pelebaran ke laut.

"Upaya perluasan dilakukan agar sama dengan pembangunan pertama, menggunakan anggaran DAK reguler dan dana infrastruktur daerah untuk pengembangan PPI Eri sebesar Rp4 miliar," katanya.

Ia mengatakan, perluasan lokasi PPI penting untuk mendukung program Pemerintah Pusat, sehingga sarana yang dimiliki juga sebanding dengan kebijakan yang dibuat.

"Kesiapan sarana penting karena walaupun hasil tangkapan banyak, tetapi jika tidak didukung dengan sarana dan prasarana pendukung, akan merugikan nelayan," ujarnya.

Fernanda mengakui, PPI Eri sebanyak 21 objek sarana pendukung terlaksananya aktivitas perikanan telah siap, dan diantara 21 objek tersebut 90 persen dalam keadaan baik dan 10 persen sementara akan diperbaiki.

Aset pemerintah tersebut, dibiayai beberapa sumber dana yakni APBD murni Kota Ambon, Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Ia menambahkan, 90 persen sarana pendukung telah siap dimanfaatkan sedangkan 10 persen di antaranya dalam tahapan perbaikan dan dibangun pada tahun 2016.

Sejumlah sarana pendukung yang sementara diperbaiki yakni "slip way", "docking", ruang pelatihan, reklamasi tambat labuh armada semut akan dilakukan penambahan, pabrik es akan dibangun serta pemasangan jaringan air bersih pada tahun 2016. 

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016