Ternate, 20/3 (Antara Maluku) - Pasangan calon bupati-wakil bupati Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara Amin Ahmad-Jaya Lamusu (Amin-Jaya) berhasil memenangi Pemungutan Suara Ulang (PSU) pilkada pada 20 TPS Kecamatan Bacan, Sabtu (19/3) kemarin.

Kemenangan yang diraih pasangan Amin-Jaya setelah pleno rekapitulasi pada 20 TPS itu, menunjukkan untuk sementara berhasil unggul di 17 TPS dengan 4.714 suara, sedangkan tiga TPS dimenangi pasangan Bahrain Kasuba-Iswan Hasjim dengan 2.676 suara.

Ketua KPU Maluku Utara Syahrani Somadayo ketika dikonfirmasi menyatakan, pleno rekapitulasi di Kecamatan Bacan memang sempat molor, karena ada dua TPS di TPS I dan TPS IV Labuha mengalami keterlambatan pleno rekapitulasi di tingkat TPS hingga pukul 18.00 WIT.

Proses penghitungan suara di dua TPS tersebut tetap berlangsung hingga malam hari, dan pasangan Amin-Jaya mampu unggul di TPS I Labuha dengan meraih 342 suara, disusul pasangan Bahrain-Iswan 167 suara, dan di TPS IV Labuha pasangan Amin-Jaya berhasil meraih 336 suara serta pasangan Bahrain Kasuba-Iswan Hasjim dengan 166 suara.

Penghitungan suara di dua TPS Labuha tersebut mendapat protes dari pendukung Bahrain Kasuba-Iswan Hasjim, namun dapat diantisipasi oleh petugas keamanan yang melakukan pengamanan di sekitar TPS itu.

Komisioner Bawaslu Maluku Utara Muksin Amrin ketika dihubungi menyatakan, meskipun ada protes dari sejumlah pendukung pasangan calon di dua TPS di Labuha, namun proses penghitungan suara 20 TPS sesuai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) relatif aman.

Dia mengatakan, Bawaslu Maluku Utara mengerahkan tim khusus dengan menempatkan personelnya pada semua TPS yang melibatkan berbagai pihak dalam rangka pengawasan partisipatif pemilih di 20 TPS Halmahera Selatan.

Ia menyebutkan, timsus ini melibatkan media massa, LSM, perguruan tinggi, dan staf pemda provinsi untuk sama-sama melakukan pengawasan di 20 TPS yang melaksanakan PSU.

Sebelumnya, pasangan Amin-Jaya berhasil meraih 43.017 suara dan mengungguli pasangan Bahrain Kasuba/Iswan Hasjim yang meraih 42.999 suara, disusul pasangan Ponsen Sarfa-Sagaf Taha 23.295 suara dan pasangan calon Rusihan Djafar-Benny meraih 10.378 suara.

Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi untuk 30 kecamatan hasil pilkada Halmahera Selatan tersebut, pasangan calon Amin-Jaya yang diusung koalisi PDI Perjuangan, NasDem, dan PKB tersebut unggul tipis dari pasangan Bahrain/Iswan dengan selisih 18 suara, akan tetapi, MK memutuskan penghitungan ulang di 20 TPS pada Kecamatan Bacan karena dianggap bermasalah.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016