Ternate, 24/3 (Antara Maluku) - Sedikitnya 54 prajurit Lanal Kota Ternate, Maluku Utara telah menjalani tes urine yang diselenggarakan oleh BNNP setempat.

"Tes dilakukan kemarin (Rabu). Selain prajurit Lanal, tes urine juga dilakukan terhadap 30 anggota KRI Mandau 632 Ternate," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat BNNP Malut, Hairudin Umaternate di Ternate, Kamis.

Menurut dia, tes urine itu dilakukan atas permintaan Danlanal kota Ternate, sebagai salah satu kegiatan kerja sama TNI AL Ternate dengan BNNP Maluku Utara.

Dari tes yang dilakukan, pada 84 orang itu tidak ditemukan tanda positif sebagai pengguna narkoba.

"Tes urine ini untuk mencegah dan mendeteksi dini penggunaan dan penyalagunaan narkoba," kata Hairudin.

Ia mengatakan Maluku Utara merupakan daerah yang berbatasan dengan wilayah Pasifik yang diketahui sebagai salah satu wilayah kejahatan trans nasional seperti terorisme, penyelundupan senjata api, perdagangan manusia, dan narkoba.

Selain tes urine, pihaknya juga telah memberikan penyuluhan terkait langkah pemerintah untuk mencegah dan memberantas narkoba yang beredar di Malut dan mengancam keselamatan generasi muda daerah itu.

Komandan Lanal Ternate, Kolonel Joko Prijatin mengatakan, tes urine ini perintah Panglima TNI.

Dia berharap seluruh prajurit TNI AL menghindari narkoba, dan anggota yang kedapatan menggunakan barang haram itu akan diproses sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016