Ambon, 5/4 (Antara Maluku) - Pelaksanaan penyaluran beras untuk keluarga miskin (Raskin) di Kota Ambon yang dilakukan Devisi Regional (Divre) Perum Bulog Maluku sudah sampai kuota April 2016.

"Jadi semua kecamatan yang ada dalam wilayah Pemerintah Kota Ambon rata-rata sudah mendapat jatah Raskin sampai dengan April 2016, kecuali Teluk Ambon saja baru mencapai Maret," kata Kepala Bidang Pelayanan Publik Divre Perum Bulog Maluku, Kadir Koso di Ambon, Selasa.

Jatah Raskis kecamatan Nusaniwe, Sirimau, dan Baguala sudah empat bulan.

Sedangkan, kecamatan Leitimur Selatan walaupun sudah disalurkan jatahnya hingga empat bulan. Namun, ada beberapa desa yang baru menerima sampai dengan tiga bulan saja. Hal ini disebabkan karena terkait dengan adanya tunggakan.

Kadir mengatakan, pelaksanaan penyaluran Raskin di Kota Ambon berjalan lancar, tidak ada kendala sebab bisa dijangkau dengan mobil truk.

Jatah atau pagu Raskin untuk Kota Ambon secara keseluruhan untuk rumah tangga sasaran (RTS) tercatat sebanyak 11.265 kepala keluaga (KK).

Jatah Raskin setiap bulan yakni sebanyak 168 ton dan 975 Kg, sedangkan pagu per tahun tercatat 2.027 ton dan 700 Kg.

Realisasi Raskin seluruh kecamatan yang ada di Kota Ambon sudah mencapai 645 ton dan 105 kg.

Rinciannya untuk Kecamatan Nusaniwe sebanyak 201 ton dan 300 Kg, Sirimau (210 ton), Leitimur Selatan (36 ton dan 840 Kg), Teluk Ambon (92 ton dan 385 Kg) dan Kecamatan Baguala 104 ton dan 540 Kg.

Dia mengemukakan, penyaluran Raskin di Kota Ambon hingga April 2016 tidak ada masalah, sedangkan ada laporan atau keluhan dari masyarakat terkait teknis pembagian di tingkat kelurahan, desa maupun Negeri itu kebijakan pemerintah setempat.

"Bulog tidak punya kewenangan, sebab hanya menyalurkan sampai ke titik distribusi, baik di kantor kecamatan maupun kelurahan," tegas Kadir. 

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016