Ambon, 16/7 (Antara Maluku) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Arief Yafya akan diundang untuk membuka Pesta Teluk Ambon pada September 2016.

Gubernur Maluku Said Assagaff, di Ambon, Jumat, mengatakan, telah menyepakati pertemuan dengan Menparekraf di Jakarta pada 19 Juli 2017, sekaligus memanfaatkannya untuk mengundang membuka Pesta Teluk Ambon.

"Saya akan meminta Menparekraf membuka Pesta Teluk Ambon yang diprogramkan menjadi destinasi pariwisata Maluku," ujarnya.

Pertimbangannya, Pesta Teluk Ambon sudah menjadi kalender tetap Dinas Parekraf Maluku yang telah diselenggarakan sejak 2006.

"Saya menginginkan Menparekraf menyaksikan pesona wisata Teluk Dalam Ambon sehingga memprogramkan pariwisata bahari yang memiliki keunggulan komparatif ," kata Gubernur.

Dia juga telah mengarahkan Dinas Parekraf Maluku agar memajukan waktu penyelenggaraan yang biasanya pada akhir September menjadi pekan kedua September 2016.

"Kami harus menyukseskan HUT Kota Ambon pada 7 September maupun HUT GPM setiap 6 September sehingga menjadi paket wisata menarik minat wisatawan menyaksikannya," ujar Gubernur.

Pesta Teluk Ambon juga diprogramkan untuk peluncuran Hari Pers Nasional (HPN) ke-72 dengan dipercayakannya Maluku sebagai tuan rumah penyelenggaraan pada 9 Februari 2017.

"Peluncuran HPN tingkat nasional dijadwalkan di Jakarta pada 23 Juli 2016, sedangkan lokalnya memanfaatkan event Pesta Teluk Ambon guna memotivasi semua komponen bangsa di Maluku menyukseskannya," tandas Gubernur.

Pesta Teluk Ambondimeriahkan dengan lomba antara lain perahu tradisional atau manggurebe arumbae, perahu semang (bercadik), berenang estafet dari Tanjung Martafons - Galala, memancing, melukis, mendongeng kisah-kisah leluhur tanah Ambon, fotografi taman bawah laut, membuat mosaik, voli pantai serta festival kuliner Maluku.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016