Ambon, 1/12 (Antara Maluku) - Kodam XVI/Pattimura meraih juara umum lomba Peleton Tangkas (Ton Tangkas) periode II tahun 2016 memperebutkan Piala Kasad, yang diadakan di Pusdik Infanteri Cipatat, Jawa Barat, 24-30 November 2016.

Siaran pers Pendam XVI/Pattimura yang diterima Antara di Ambon, Kamis, menyebutkan, hasil lomba yang telah diputuskan panitia pada Jumat malam menempatkan Kodam XVI/Pattimura di urutan pertama dengan perolehan nilai 120, mengalahkan 14 peserta lainnya.

Kodam XVI/Pattimura yang diwakili oleh Peleton III, Kompi B, Yonif 733 R/Masariku telah meraih 3 emas dan 1 perunggu dengan pengumpulan poin terbanyak dari 8 kategori lomba yang dipertandingkan.

Prestasi tertinggi yang telah diraih Kodam merupakan pertama kali sejak lomba antarsatuan diadakan untuk meraih Piala Kasad.

Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Doni Monardo mengapresiasi para prajurit yang telah merebut juara umum.

"Ini hasil kerja kita semua yang telah mendukung tercapainya prestasi yang kita idam-idamkan selama ini," katanya.

Lomba Ton Tangkas dilaksanakan setiap enam bulan sekali. Peserta diwakili salah satu peleton yang dikuti oleh Danton, Danki dan Danyon yang dipilih secara diundi oleh panitia pusat Angkatan Darat.

Pada periode II tahun ini, lomba diikuti 15 kontingen dari Kotama jajaran TNI AD, Divisi Infanteri I dan II Kostrad.

Tujuan lomba untuk melihat dan mengevaluasi hasil pembinaan satuan yang telah dicapai oleh Satuan Tempur (Satpur) maupun Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) dari aspek ketangkasan.

Selain itu, dijadikan sebagai salah satu tolok ukur untuk mengetahui nilai-nilai sportivitas, soliditas, profesionalitas, militansi dan jiwa juang prajurit, sehingga dapat diketahui sejauh mana implementasi dari pembinaan satuan dalam rangka menjaga kesiapan operasional satuan.

Sesuai tujuan dan sasarannya, Lomba Ton Tangkas TNI AD periode II Tahun 2016 mengusung tema Melalui Lomba Peleton Tangkas, kita wujudkan prajurit TNI AD yang disiplin, jago perang, jago tembak dan memiliki fisik prima, sebagai implementasi dari hasil pembinaan satuan, guna memantapkan kesiapan satuan dalam rangka keberhasilan tugas pokok TNI AD.

Pewarta: Rofinus E. Kumpul

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016