Ambon, 15/2 (Antara) - Pasangan calon Wali Kota- Wakil Wali Kota Ambon nomor urut satu, Richard Louhenapessy-Syarief Hadler (Paparissa Baru) untuk sementara unggul dalam perolehan suara di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di kelurahan Karangpanjang, kecamatan Sirimau.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS VIII Kelurahan Karangpanjang, Welem Latuheru di Ambon, Rabu, mengatakan pasangan Paparissa berhasil meraih 155 dari 233 suara dalam Pilkada serentak kelompok kedua.

"Kami memiliki DPT sebanyak 270 pemilih. Namun, yang hadir di TPS sejak pukul 08.00 WIT hingga 13.00 WIT hanya 223 orang," ujarnya.

Dalam penghitungan suara secara manual, pasangan Paparissa Baru mendapatkan dukungan 155 suara dan pasangan nomor urut dua, Paulus Kastanya-M.A.S Latuconsina (Pantas) hanya 64 suara, sedangkan empat suara dinyatakan tidak sah atau rusak.

Di TPS IV Kelurahan Karangpanjang yang terdapat 343 pemilih dalam DPT, yang hadir hanya 228 pemilih dan tidak hadir sebanyak 115 orang dan ada tiga suara yang rusak.

Paparissa Baru berhasil meraih 147 suara di TPS tersebut sedangkan pasangan Pantas mendapatkan dukungan 78 suara.

Kondisi serupa juga terjadi di TPS XII Kelurahan Karangpanjang yang jumlah pemilihnya dalam DPT sebanyak 230 orang tetapi yang hadir di TPS hanya 203 orang, termasuk 17 pemilih yang menggunakan kartu tanda penduduk karena tidak mendapatkan undangan memilih.

Pasangan Paparissa Baru berhasil meraih dukungan 134 suara di TPS tersebut, sedangkan pasangan Pantas hanya memperoleh 67 suara.

Namun, pasangan nomor urut dua ini untuk sementara masih unggul pada empat TPS di RW 005 Tanjung, desa Batu Merah karena meraih total 116 suara dan lebih unggul dari pasangan Paparissa Baru.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017