Tual, 6/5 (Antara Maluku) - Kota Tual banyak memiliki potensi pemain sepak bola, namun belum dapat dikembangkan karena terkendala masalah fasilitas sarana dan prasarana.

"Pengembangan olah raga, lebih khusus sepak bola di Kota Tual sejauh ini masih terkendala fasilitas infrastruktur," kata Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Rudy Bugis di Tual, Sabtu.

Ia menyatakan potensi yang dimiliki Kota Tual khususnya untuk persepakbolaan sebenarnya sangat banyak, tetapi belum ada klub permanen yang bisa diandalkan untuk masuk di kompetisi nasional.

"Kami sudah berpikir, jika dibentuk klub permanen, maka kami akan lebih condong bekerja sama dengan pengusaha-pengusaha lokal," katanya.

Menurut Rudy, dinas yang dipimpinnya juga sedang memikirkan penyiapan infrastruktur untuk mengembangkan olah raga sepak bola di Kota Tual, dengan sasaran terbentuknya tim atau kesebelasan yang permanen.

Namun, pemerintah daerah tentu tidak bisa melakukannya sendiri dan perlu ada dukungan dari berbagai komponen dalam masyarakat yang peduli pada perkembangan olah raga khususnya sepak bola di Kota Tual.

Infrastruktur berupa lapangan sudah ada titik terang, dimana telah ada lokasi yang mau dihibahkan untuk pembangunan lapangan sepak bola, tepatnya di Desa Ohoitahait, Kota Tual.

"Menyangkut masalah pemain, saat ini kami masih pada tahap pencarian bibit-bibit berpotensi," katanya. 

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017