Saparua, 15/5 (Antara Maluku) - Kodam XVI/Pattimura menggelar Upacara Peringatan Hari Pattimura Ke-200 di Lapangan Negeri Saparua, Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, Senin.

Upacara dipimpin Gubernur Maluku Said Assagaff sebagai Upulatu/Inspektur Upacara dan Letkol Pnb Pedro Siegers sebagai Kapitan Upacara.

Gubernur Maluku dalam amanatnya mengatakan, momentum perayaan 200 tahun Pahlawan Nasional Pattimura merupakan awal pijakan bagi seluruh rakyat Maluku untuk berperan serta dalam geliat pembangunan nasional bersama para pahlawan lainnya dari seluruh penjuru NKRI.

"Kita bersama-sama mengenang semangat juang anak-anak Maluku melawan para penjajah, bersamaan dengan HUT Kodam XVI/Pattimura agar ke depannya TNI khususnya Kodam XVI/Pattimura dapat meneruskan semangat juang untuk melayani segenap lapisan masyarakat di daerah ini," kata gubernur.

Ia menyatakan, bertepatan dengan peringatan 200 tahun Pahlawan Nasional Pattimura telah diresmikan dan diluncurkan Patung serta Tugu Pattimura, yang saat ini telah berada di Lapangan Merdeka Saparua, berhadapan langsung dengan Benteng Duurstede.

"Kita semua berharap semoga dengan dibangunnya fasilitas ini dapat menumbuhkan rasa cinta anak-anak Maluku terhadap para pahlawan yang telah mengawali perjuangan melawan ketidakadilan dan ketidakaliman di bumi ini," katanya.

"Mewakili pemerintah Prov. Maluku, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak sehingga kegiatan HUT Pattimura ke 200 dan HUT Kodam XVI/Pattimura ke 18 dapat terlaksana dengan baik," katanya.

Ia berharap resepsi nilai perjuangan Kapitan Pattimura ini dapat menjadi penyemangat bagi generasi penerus untuk membangun dan berperan dalam memajukan daerah Maluku.

Gubernur Said juga mengajak masyarakat Maluku untuk membangun Saparua sebagai kota bersejarah dan kota peradaban, karena dari sinilah awal perjuangan nasional melawan penjajahan dimulai.

Upacara dihadiri sekitar 1.000 orang, termasuk Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Doni Monardo, Bupati Maluku Tengah, Abua Tuasikal, Wakil Bupati Maluku Tengah, Marlatu Leleury, pimpinan SKPD Provinsi Maluku, Kabupaten Maluku Tengah, dan Kota Ambon, Muspika, Muspida, tamu undangan, dan masyarakat. 

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017