Ambon, 30/5 (Antara Maluku) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX/Ambon menggelar Sosialisasi Pembinaan Potensi Maritim guna membangun kemanunggalan TNI AL dengan rakyat dan pemberdayaan wilayah pertahanan laut secara dini.

Dilaksanakan di gedung Manggala Loka Lantamal IX/Ambon, Selasa, kegiatan tersebut menghadirkan Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) Markas Besar TNI AL (Mabesal) Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Ketut Suarya sebagai narasumber.

Sedikitnya 120 prajurit dan PNS termasuk Wakil Komandan Lantamal IX Kolonel Marinir Imam Sopingi beserta para Asisten Komandan Lantamal IX, para kepala satuan kerja dan kepala-kepala dinas di jajaran Lantamal IX turut serta dalam sosialisasi itu.

Selain itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku Romelus Far-Far, Kepala Stasiun Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Ambon Harlym Raya Maharbhakti, Kepala Zona Maritim Wilayah Timur Vetty Salakay, dan Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Ambon Kapten Julianus.

Kadispotmar Mabesal Brigadir Jenderal TNI (Mar) I Ketut Suarya dalam sosialisasinya mengatakan dalam rangka membangun kemanunggalan TNI AL dengan rakyat dan pemberdayaan wilayah pertahanan laut secara dini, diperlukan pembinaan potensi maritim.

"Pembinaan tersebut bertujuan untuk untuk mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh," katanya.

Komandan Lantamal IX/Ambon Laksamana Pertama TNI Nur Singgih Prihartono dalam kesempatan yang sama mengatakan Dispotmar bertugas menyelenggarakan pembinaan fungsi dan pelaksanaan kegiatan pembinaan potensi maritim nasional.

Pembinaan itu meliputi pembinaan sumber daya manusia (SDM), sumber daya alam (SDA) dan buatan, dan prasarana nasional di bidang maritim, dinamisasi pembangunan kelautan sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat maritim, guna meningkatkan kesejahteraan mereka.

Diharapkan sosialisasi tersebut dapat membangun komunikasi yang lebih jelas dan terarah dalam upaya memberikan jaminan keamanan maritim bagi para pengguna laut, sekaligus memberikan dampak nyata terhadap stabilitas keamanan, khususnya di wilayah Maluku.

"Dispotmar melaksanakan tugas sebagai implementasi dari tugas TNI Angkatan Laut dalam memberdayakan potensi kelautan. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan masukan yang bermanfaat," katanya. 

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017