Tual, 26/6 (Antara Maluku) - Jumlah pengunjung Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tual meningkat pada hari kedua Idul Fitri 1438 Hijriyah, Senin.

"Jumlah warga masyarakat yang datang hari ini untuk menjenguk saudara mereka yang sedang menjalani masa tahanan lebih banyak dibandingkan kemarin," kata Kepala Lapas Kelas II B Tual, Johanis Litaay kepada wartawan di Tual.

Ia mengatakan, selama dua hari terakhir ini warga masyarakat yang datang untuk mengunjungi warga binaan di Lapas tersebut lebih banyak dibandingkan hari-hari biasa.

"Apalagi kami juga memberlakukan waktu kunjungan ektra. Kemarin dan hari ini pengunjung bisa bercengkrama seharian dengan anggota keluarga mereka yang sedang menjalani masa tahanan," kata Johanis.

Pada Idul Fitri hari pertama dan kedua, waktu kunjungan diberikan mulia pukul 09.00-17.00 WIT.

Disinggung mengenai Remisi atau penguranan masa tahanan terkait Idul Fitri tahun ini, Johanis menyatakan ada 15 orang warga binaan yang mendapatkannya, sesuai Surat Keputusan Kantor Perwakilan Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Maluku Nomor W.28.368.PK01.02 Tahun 2017 tentang pemberian Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri 2017.

Jumlah penerima Remisi itu sesuai dengan usulan dari Lapas Kelas II Tual.

Johanis mengungkapkan, dari 15 warga binaan yang mendapatkan Remisi Idul Fitri, dua di antaranya mendapatkan RK II bebas bersyarat, sementara 13 lainnya mendapatkan RK I pengurangan masa tahanan harian dan bulanan.

"Pengumuman Remisi Khusus Idul Fitri sudah dilakukan kemarin pada hari H Lebaran, usai pelaksanaan salat Id. Dengan bebasnya dua warga binaan, maka yang masih menjalani masa tahanan di Lapas Kelas II B Tual saat ini berjumlah 79 orang," katanya.

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017