Ambon, 3/8 (Antara Maluku) - Gubernur Maluku Said Assagaff melepas 1.076 orang jamaah calon haji (Calhaj) asal daerah itu menuju tanah suci, 6-7 Agustus 2017.

Sebanyak 1.076 orang jamaah Calhaj yang tergabung itu dari 11 kabupaten dan kota di wilayah ini setelah dilepas oleh Gubernur Maluku, Kamis dan Jumat, Sabtu, 4-5 Agustus 2017 akan bengkat menuju embarkasi Makasar dengan mempergunakan maskapai penerbagangan Garuda Indonesia.

Gubernur Maluku Said Assagaff menyampaikan beberapa pesan kepada Calhaj, pertama selain menjalankan ibadah haji di tanah suci yang merupakan duta-duta bangsa, jagalah kebersamaan saling membantu antara satu dengan yang lain guna mencapai haji yang mabrur.

"Saudara-saudara akan bertemu dengan tamu-tamu Allah dari seluruh penjuru dunia, karena itu jaga nama baik bangsa, bersikap sabar, santun, tunjukanlah bahwa kita adalah bangsa yang berbudaya dan berkepribadian yang luhur," ujarnya.

Di sana siapa yang sabar, maka dialah yang menang, lanjutnya, maknailah hal tersebut dengan pikiran yang baik dan bijak.

"Kemudian selama melaksanakan ibadah haji akan berhadapan dengan iklim yang baru yang sudah disampaikan lewat media masa, di mana iklim di wilayah itu sangat berbeda dengan iklim yang ada di Indonesia atau Maluku," ujarnya.

Ia mengharapkan para jamaah dapat mengatur dan memanfaatkan waktu yang sebaik-baiknya untuk kepentingan pelaksanaan ibadah.

"Jangan dulu ke pasar, selesai melaksanakan ibadah barulah ke pasar," ujarnya.

Taatilah semua ketentuan, lanjutnya, atau peraturan yang ditetapkan serta hindarilah kegiatan-kegiatan yang dapat mengganggu pelaksanaan ibadah, maupun jagalah kesehatan jasmani dan rohani bapak ibu sekalian.

Gubernur Said Assagaff mengatakan, semalam telah melakukan pengecekan langsung ke Arab Saudi ternyata tempratur di sana mencapai 47 hingga 50 derajat selsus. Itu panasnya bukan main, malahan ada jamaah yang keluar dari masjid tidak memakai sendal sambil berlari ternyata kulit telapak kakinya hangus karena panas. Minum air putih yang banyak, jangan air es.

Kemudian Gubernur Said Assagaff juga berpesan kerpada pembimbing haji dan tenaga kesehatan dan para ketua kelompok terbang (Kloter) maupun ketua-ketua regu agar dapat melaksanakan tugas yang baik, seraya memberikan pelayanan yang baik kepada para jamaah haji Indonesia.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017