Ambon, 25/9 (Antara Maluku) - Kodam XVI/Pattimura tidak hanya bergerak dalam bidang pertahanan dan keamanan, tetapi juga terus berupaya mencari dan meningkatkan potensi atau bakat para pelajar yang berada di wilayah Maluku. Salah satunya  dengan menggelar Lomba Cipta Baca Puisi Antarpelajar di Kota Ambon, Jumat.

Kegiatan dalam rangka menyambut HUT ke 72 TNI 5 Oktober itu dihadiri oleh Katopdam XVI/Pattimura Kolonel Ctp Dominicus Untung, Kakumdam XVI/Pattimura Kolonel Chk Sudiro, Kasandidam XVI/Pattimura Letkol Arm Tri A Sansoto, Wakatopdam XVI/Pattimura Letkol Ctp Adi Puji Wiyono, dan  Pabandia Sterdam XVI/Pattimura Mayor Inf Fetmizaldi, berlangsung di Baileo Slamet Riyadi Makorem 151/ Binaiya tersebut.

Para peserta terdiri dari siswa dan siswi Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama se-Kota Ambon.

Lomba baca puisi ini dibagi menjadi 2 kategori, SD  dan SMP dengan menitikberatkan pada 3 penilaian antara lain interpretasi, vokal dan ekspresi. Vokal dibagi lagi menjadi artikulasiI Intonasi, diksi dan power.

Katopdam XVI/Pattimura Kolonel Ctp Dominicus Untung menyampaikan, perlombaan ini bukan ajang untuk siapa yang menang atau siapa yang kalah, maupun siapa yang berprestasi atau tidak berprestasi, tetapi bagaimana mengimplementasikan kemampuan dalam meciptakan dan membaca puisi dalam menyalurkan bakat atau talenta para siswa/siswi.

Berdasarkan penilaian juri, untuk kategori tingkat sekolah dasar, Nadia A asal sekolah SD Hang Tua I keluar sebagai pemenang juara I dengan poin 1550, Rudy asal sekolah SD Muhammadiyah sebagai juara II dengan perolehan poin 1390 dan R Utomo asal sekolah SDN 2 Ambon sebagai juara III dengan perolehan poin 1380.

Pada Kategori tingkat SMP, R de Fretes sekolah SMPN 1 Ambon keluar sebagai pemenang juara I dengan perolehan poin 1690, Cahya asal SMPN 14 Ambon sebagai juara II dengan perolehan poin 1590 dan K. Wewo asal SMP Kalam Kudus sebagai juara III dengan perolehan poin 1665.

Para pemenang lomba nantinya akan mewakili Kota Ambon dalam lomba Cipta Baca puisi di Bogor, Jawa Barat. (Pendam16)

Pewarta: Siaran Pers

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017