Ternate, 19/10 (Antara Maluku) - Dinas Perhubungan Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut) menyiapkan dua kapal cepat untuk rencana kunjungan Presiden Joko Widodo ke daerah itu dalam rangka penyelenggaraan lomba mancing Widi International Fishing Tournament.

Kadis Perhubungan Halsel Soadri Ingratubun di Ternate, Kamis, mengatakan, pihaknya akan menyediakan dua kapal cepat untuk mengangkut tamu VVIP WIFT.

Kapal cepat yang disiapkan yakni Halsel Express dan Bahari Express, dan akan disiagakan di pelabuhan Babang, Kecamatan Bacan Timur.

"Kedua kapal tersebut digunakan mulai tanggal 23 Oktober. Kita akan berusaha semaksimal mungkin agar selama Presiden berkunjung di Halsel bisa nyaman dan aman, begitu juga para tamu yang datAng ke daerah ini," ujarnya.

Sebelumnya, Dinas Perumahan dan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Provinsi Maluku Utara menyatakan akan menyiapkan sedikitnya 78 "home stay" bagi para tamu Widi International Fishing Tournament (WIFT) 2017.

Kepala Disperkim Malut, Santrani Abusama ketika dihubungi sebelumnya mengatakan, saat ini proses pengerjaan 78 rumah tinggal itu sudah 90 persen rampung, dan dipastikan siap digunakan saat dibukanya WIFT.

"Siap ditinggali pada hari H nanti dan konsepnya adalah bedah rumah penduduk. Setiap home stay kita siapkan dua kamar lengkap dengan ranjang, satu set meja dan kursi makan dan juga MCK, begitu pula rumah yang belum ada MCK, kita bangun. Selain itu plafon rumah juga direhab dan bangun pada rumah yang belum memiliki plafon," kata Santrani.

Dari 78 unit itu, 53 unit dibangun di Ranga Ranga, Gane Timur Selatan, sedangkan sisanya sebanyak 26 unit dibangun di Gane Luar.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017