Ambon, 19/10 (Antara Maluku) - Dinas Perhubungan (Dishub) kota Ambon melakukan sosialisasi penerapan parkir elekronik di sejumlah ruas jalan di kota ini.

"Dalam waktu dekat kita akan menerapkan parkir elektronik yang dimulai di sejumlah ruas jalan yakni Jalan Pala, Jalan Coklat dan Jalan Kopi," kata Kepala Dinas Perhubungan kota Ambon, Pieter Saimima, Kamis.

Menurut dia, sosialisasi dilakukan bagi pengguna kendaraan roda dua agar saat penerapan parkir elektronik, masyarakat mematuhi peraturan yang ditetapkan.

"Parkir elektronik bukan hal baru, karena di sejumlah pusat perbelanjaan juga telah menerapkannya, tetapi kita berupaya mensosialisasikan mmengingat ruas jalan tersebut bukan kawasan perbelanjaan resmi," ujarnya.

Pieter mengatakan, pihaknya saat ini melakukan pemasangan portal masuk dan keluar di parkiran elektronik. Harga parkir juga tidak berbeda dengan parkir pada umumnya yakni Rp2 ribu bagi kendaraan roda dua.

Ke depan, masyarakat yang akan beraktifitas di kawasan Jalan Sam Ratulangi atau AY Patty, dapat memarkir kendaraan pada ruas Jalan Pala dan sekitarnya. Pengawasan keluar masuk kendaraan di kawasan parkir elektronik tersebut akan diawasi petugas, sehingga masyarakat tidak perlu takut kehilangan.

"Penggunaan parkir elektronik juga dinilai lebih efektif karena tidak membutuhkan banyak juru parkir. Keluar masuknya kendaraan juga akan diawasi petugas dan CCTV yang terpasang di sejumlah titik ruas jalan tersebut," ujarnya.

Pihaknya berharap, masyarakat berpartisipasi dengan memarkrkan kendaraan di parkiran elektronik, karena upaya ini tidak menyebabkan kemacetan di ruas jalan tertentu, bahkan semua kendaraan roda dua dapat melakukan aktifitas parkir secara baik.

"Jika seluruh kendaraan tertata dengan baik, Ambon akan lebih indah, tertib dan nyaman terutama di kawasan parkir," tandas Pieter.

Ia menambahkan, pemberlakuan parkir elektronik di kawasan yang sebelumnya ditempati oleh pedagang batu dan kios akan ditata sehingga lebih tertib.

"Setelah difungsikan kita berharap tidak ada kendaraan roda dua yang diparkir di jalan AY Patty maupun di Jalan Sam Ratulangi, jika kedapatan ada kendaraan yang parkir akan ditindak tegas," ujarnya.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017