Ternate, 6/4 (Antaranews Maluku) - Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kepulauan Sula (Kepsul), Maluku Utara (Malut) akan membangun Gelanggang Olah Raga (GOR) untuk meningkatkan bakat dan semangat generasi muda daerah itu di bidang olah raga.

"Pemkab berencana membangun GOR sebagai infastruktur pendukung untuk menunjang aktivitas masyarakat terutama di bidang olah raga," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Kabupaten Kepsul, Rahmat Fataruba dihubungi dari Ternate, Kamis.

Dia mengatakan, Dispora telah menyiapkan lokasi tanah pembangunan GOR tepatnya di Desa Wainin Kecamatan Sanana Utara.

Pembangunan GOR tersebut membutuhkan anggaran Rp80 miliar lebih dan proposalnya sudah dimasukkan di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Kami sudah masukkan proposal, hanya saja Kemenpora meminta agar bupati yang datang langsung di Kemenpora karena anggaran yang diminta untuk pembangunan GOR itu nilainya besar jadi harus bupati yang hadir," ujarnya.

Ia menyatakan.proposal itu akan diakomodir pada tahun 2019, karena anggaran APBN tahun 2018 sudah ditutup.

Sebelumnya, keinginan sejumlah kabupaten/kota di Malut untuk membangun GOR telah disampaikan saat Menpora Imam Nahrawi melakukan kunjungan kerjanya di Malut berjanji akan membangun sejumlah GOR termasuk di GOR Panamboang Halmahera Selatan.

Bupati Halsel, Bahrain Kasuba ketika dikonfirmasi sebelumnya menyatakan, untuk pendanaan pembangunan infrastruktur olahraga di Halsel salah satunya pembangunan GOR dengan meminta dukungan Kemenpora.

Bahkan, pihaknya telah melakukan perencanaan, apalagi pembangunan infrastruktur tersebut membutuhkan pendanaan yang cukup besar.

Sebelumnya, Plt Wali Kota Ternate, Abdullah Taher meminta dukungan Kementerian Pemuda dan Olah Raga untuk membangun Gelanggang Olahraga (GOR) dengan anggaran sebesar Rp75 miliar untuk digunakan dalam pengembangan prestasi atlit di Malut.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018