Ambon, 9/4 (Antaranews Maluku) - Pasangan calon Gubernur dan Wagub Maluku, Said Assagaff - Anderias Rentanubun dengan jargon "SANTUN" melakukan silaturahmi ke Posko - Posko pemenangan di kecamatan Salahutu dan Leihitu, pulau Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Senin.

Antara yang memantau silaturahmi, mencatat, Said yang petahana Gubernur Maluku mengunjungi Posko pemenangan "SANTUN" sambil bersilaturahmi dengan para tim pemenangan maupun simpatisan.

Dia mengecek kesiapan tim pemenang di seluruh negeri (desa) sekecamatan Salahutu dan empat desa di kecamatan Leihitu.

"Saya mau memastikan sejauh mana keseriusan tim dalam upaya memenangkan pasangan `SANTUN` saat Pilkada Maluku pada 27 Juni 2018," ujar Said.

Dia mengarahkan, semua Posko induk pemenangan di kecamatan Leihitu maupun Leihitu Barat sudah harus terbentuk pada pekan ini.

Silaturahmi dijalin di negeri Mamala, Morella, Hitulama dan Hitumeseng, kecamatan Leihitu.

"Saya mengunjungi Posko sambil berdialog soal kesiapan tim bekerja dan mengarahkan strategi diterapkan nantinya menjelang pemilihan Gubernur dan Wagub Maluku," kata Said.

Dia juga mengarahkan tim pemenangan maupun simpatisan pasangan "SANTUN" agar mengecek Daftar Pemilihan Sementara (DPS) Pilkada Maluku yang diumumkan KPU setempat sebanyak 1.196.182 pada 24 Maret hingga 2 April 2018.

Perbaikan DPS pada 3 April 2018, selanjutnya penyampaiannya hasilnya kepada PPK pada 8 - 10 April 2018.

Tahapan selanjutnya adalah rekapitulasi DPS hasil perbaikan tingkat Kecamatan dan penyampaiannya kepada KPU kabupaten/kota pada 11-12 April 2018.

Sedangkan, DPT akan diumumkan oleh PPS 29 April - 27 Juni 2018.

Sekiranya nama tidak ada di DPS, maka segera lapor ke RT,RW dan petugas PPS setempat agar bisa diperbaiki KPU kabupaten/ kota sehingga hak politik nantinya bisa tersalurkan.

"Kalau berkeinginan pasangan `SANTUN` menang, maka harus mengecek nama masuk DPS dan nantinya Daftar Pemilih Tetap (DPT) sehingga bisa memanfaatkan hak politik,"tandas Said.

Catatan Antara, pasangan petahana Gubernur, Said Assagaff dan Bupati Maluku Tenggara, Anderias Rentanubun (SANTUN) dengan nomor urut 1 diusung Partai Golkar, Partai Demokrat dan PKS masing - masing memiliki enam keterwakilan di DPRD Maluku.

Pasangan mantan Komandan Korps Brimob, Irjen Pol. Murad Ismael - Bupati Maluku Barat Daya (MBD), Barnabas Orno dengan jargon "BAILEO" yang berdasarkan undian menempati nomor urut 2 diusung Partai Gerindra, Partai Nasdem,Partai Hanura, PKB, PKP, PPP dan PAN dengan keterwakilan 27 dari 45 legislator Maluku.

Sedangkan, pasangan calon Gubernur dan Wagub Maluku melalui jalur perseorangan, mantan Inspektur IV pada Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Kejagung, Herman Koedoeboen - mantan Bupati Seram Bagian Timur (SBT), Abdullah Vanath dengan jargon "HEBAT" berada di nomor urut 3.





(T.L005/B/N005/N005) 09-04-2018 15:34:16

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018