Ternate, 12/12 (ANTARA News) - Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba mengerahkan seluruh pimpinan satuan kerja perangkat daerah untuk kerja bakti memperbaiki jalan Desa Sayoang hingga Yaba untuk memudahkan warga, terutama beragama Nasrani, yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru.

"Jalan dari Desa Sayoang sampai ke Desa Yaba harus diprioritaskan dalam menyambut?Natal dan Tahun Bbaru, karena itu untuk mempermudah akses masyarakat Kecamatan Bacan Barat Utara,?khususnya masyarakat beragama Nasrani untuk merayakan Natal dan Tahun Baru di Sayoang maupun di Labuha," kata Bupati Kasuba melalui siaran pers yang diterima Antara di Ternate, Rabu.

Kerja bakti dilakukan karena tingginya curah hujan di Kabupaten Halmahera Selatan selama beberapa hari terakhir ini. Hujan terus menerus mengakibatkan sebagian jalan yang menjadi akses keluar masuk masyarakat Kecamatan Bacan Barat Utara, diantaranya Desa Geti Baru, Geti Lama, Gilalang, Gorua Lolaro,? Jojame, Nusa Babullah, Sidopo, dan? Yaba nyaris tidak dapat dilalui karena rusak. Kondisi badan jalan hancur dan menimbulkan lubang serta menjadi tempat genangan air.

Bupati Bahrain Kasuba saat melihat kondisi jalan tersebut, langsung menginstruksikan seluruh SKPD memasukkan material di jalan yang menanjak dan menurun agar dapat dilalui pengguna jalan.

Ia mengatakan kondisi jalan itu mengkhawatirkan pengguna jalan, baik roda dua maupun empat.

Keponakan Gubernur Maluku Utara itu, juga meminta Dinas PUPR menyelesaikan perbaikan jalan tersebut sebelum Natal dan Tahun Baru.

Sementara itu, dalam rangka menyambut Hari Juang Kartika Ke-73 Tahun 2018, Korem 152/Babullah beserta kodim jajaran melaksanakan pembersihan tempat ibadah di wilayah Maluku Utara.

Kegiatan serentak di seluruh kabupaten/kota se-Malut dengan menyasar tempat ibadah, baik masjid, gereja, pura, dan wihara.

Kapenrem 152/Babullah Mayor Inf Iriono mengatakan kegiatan itu bentuk pengabdian jajaran tersebut kepada masyarakat serta menciptakan kerukunan antarumat beragama di wilayah Malut.

Puncak rangkaian peringatan HJK di daerah itu pada 15 Desember mendatang.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018