Ternate, 25/1 (ANTARA News) - Dinas Pangan Kota Ternate Maluku Utara (Malut) meminta seluruh sekolah di daerah ini menyediakan fasilitas kantin untuk memudahkan pengawasan terhadap jajanan sekolah yang dijual kepada siswa.

"Banyak sekolah di Ternate yang tidak memiliki fasilitas kantin sehingga siswanya membeli jajanan yang dijual pedagangan di luar lingkungan sekolah,"kata Kepala Dinas Pangan Ternate, Sofyan Yakub di Ternate, Jumat.

Kondisi itu sangat mengkhawatirkan karena jajanan yang dijual para pedagangan di luar sekolah sulit dikontrol dan tidak tertutup kemungkinan ada yang menggunakan bahan berbahaya, seperti pewarna pakaian dan formalin.

Ia mengaku sudah berkordinasi dengan Dinas Pendidikan Ternate untuk menginstruksikan seluruh sekolah di Ternate, baik sekolah dasar, SMP maupun SMA sederajat menyediakan kanting di sekolah masing-masing.

Adanya fasilitas di setiap sekolah akan memudahkan Dinas Pangan dan instansi terkait lainnya, khususnya Dinas Kesehatan dan BPOM melakukan pembinaan kepada pengelolah kanting mengenai cara memproduksi jajanan yang sehat, baik dari segi proses pengelohan maupun bahan bakunya.

Dinas Pangan sendiri, kata Sofyan Yakub, memiliki program sekolah sehat yang dalam kegiatannya menitipberatkan pada masalah penyediaan jajanan sekolah yang sehat.

Melalui program itu, dinas pangan secara rutin menurunkan tim ke sekolah untuk memberikan sosialisasi kepada guru, siswa dan penjual jajanan sekolah mengenai proses pengolahan dan pemilihan bahan baku yang sehat.

Ia menambahkan, para orang tua siswa harus pula berperan untuk melindungi anaknya dari jajanan sekolah yang tidak sehat dengan cara memberi pemahaman kepada anaknya mengenai ciri-ciri jajanan yang tidak sehat bahkan bila perlu membekali anak dengan jajanan dari rumah.

Kepada para pedagang jajanan sekolah juga diimbau untuk memperhatikan kesehatan dan keamanan jajanan yang dijual kepada siswa dengan tidak menggunakan bahan berbahaya atau menggunakan minyak goreng secara berulang-ulang.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019