Pemudik lebaran 14440 Hijriah dari wilayah Halmahera Utara, Maluku Utara (Malut) tujuan Makassar dan Jakarta bisa melmanfaatkan Bandara Kuabang Kao, karena sudah ada penerbangan langsung dari bandara ke kedua daerah itu.

"Kami mendengar informasi bahwa pekan ini sudah dibuka penerbangan langsung dari Bandara Kuabang, Kao ke Makassar dan Jakarta dan itu tentu mengembirakan karena kami bisa mudik lebaran melalui bandara itu," kata salah seorang karyawan di sebuah perusahaan pertambangan di Halmahera Utara, Ambran, yang mengakui akan mudik ke Makassar ketika dihubungi dari Ternate, Selasa.

Pada lebaran tahun-tahun sebelumnya para pemudik dari Halmahera Utara dengan tujuan Makassar atau kota lainnya di Pulau Jawa jika ingin menggunakan transportasi udara harus ke Ternate terlebih dahulu, sehingga membutuhkan waktu dan biaya yang cukup besar.

Ia mengharapkan perusahaan penerbangan yang melayani penerbangan langsung dari Bandara Kuabang Kao ke Makassar dan Jakarta tidak menetapkan harga tiket yang mahal agar tidak terlalu memberatkan para pemudik.

Kalau harga tiket pesawat pada penerbangan itu terlalu mahal justru akan membuat para pemudik lebaran enggan untuk memanfaatkan penerbangan itu saat mudik lebaran, terutama jika membawa anggota keluarga cukup banyak.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Halmahera Utara Deky Tawaris membenarkan bahwa mulai 23 Mei 2019 maskapai penerbangan Sriwijaya Air sudah mulai melayani penerbangan langsung dari Bandara Kuabang Kao ke Makassar dan Jakarta.

Dibukanya penerbangan langsung dari Bandara Kuabang Kao ke Makassar dan Jakarta atau sebaliknya merupakan tindaklanjut dari penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Pemkab Halmahera Utara dan pihak Sriwijaya Air pada awal 2019.

Ia mengatakan, adanya penerbangan langsung tersebut diharapkan selain untuk memudahkan mobilitas masyarakat dari Halmahera Utara ke Makassar dan Jakarta, termasuk saat musim mudik lebaran, juga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

Pembukaan penerbangan langsung dari Bandara Kuabang Kao ke Makassar dan Jakarta dinilai memiliki prospek cerah, karena di Halmahera Utara dan wilayah sekitarnya banyak terdapat perusahaan tambang yang sudah pasti membutuhkan dukungan transportasi udara.

 

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019