Kepolisian Daerah Maluku Utara (Malut) menyiapkan personel untuk pengamanan menjelang Idul Fitri 1440 Hijriah dengan membangun pos keamanan di setiap daerah agar tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan selama Ramadhan hingga Lebaran nanti.

"Tentunya, kami akan melakukan koordinasi bersama pihak Syahbandar Dishub untuk bisa dapat melihat arus pergerakan mudik dan hal ini harus perlu diwaspadai, karena seringkali terjadi lonjakan penumpang saat menjelang hari raya Idul fitri," kata Kapolda Malut, Brigjen Pol. Suroto di Ternate, Rabu.

Dia mengatakan, pengamanan telah di rancang, namun menunggu hasil rapat yang akan di bangun dengan sejumlah sektoral baik dari Pemda Syahbandar dan sektor lainnya, hal ini dilakukan agar keamanan tetap terjaga sampai datangnya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriyah mendatang, meskipun, suasana arus mudik di wilayah Malut tidak terlalu meningkat tapi harus diantisipasi.

Dikatakannya, armada yang telah disiapkan harus mempunyai fasilitas yang lengkap dan tidak boleh melebihi kapasitas penumpang karena dapat membahayakan banyak penumpang.

Sehingga, untuk pos pengamanan yang di luar dari mudik dan pihaknya membangun pos pengamanan menyambut hari raya Idul Fitri agar masyarakat menjalankan sholat dengan aman dan tertib.

"Penertiban ini dimulai dari pelabuhan, bandara, tempat wisata, kalau daerah yang banyak mudiknya berarti harus diprioritaskan untuk penjagaan," ujarnya.

Selain itu, Kapolda meminta seluruh Polres kabupaten/kota di wilayah ini untuk menjaga ketenangan dan ketertiban dalam Bulan suci Ramadhan di wilayah Maluku Utara.

Olehnya itu, Kapolda meminta kepada jajaran Polres agar terus tingkatkan patroli terutama pada malam hari.

Dia mengakui, kegiatan tersebut guna untuk bisa menjaga keamanan dalam bulan Ramadhan, begitu juga dengan mencegah tindakan kriminalitas dan dapat memberikan imbauan kepada masyarakat Malut.

"Untuk patroli malam, akan dilakukan seterusnya baik itu dari Polda Malut dan Polres jajaran, agar keamanan bisa terjaga," katanya.

Apalagi, di bulan Ramadhan pasti kebanyakan masyarakat yang beraktivitas di malam hari, sebelum terjadi masalah-masalah yang tidak diinginkan maka harus dilakukan patroli sekaligus memberikan pencerahan kamtibmas.

"Semoga hal ini tidak terjadi masalah di kemudian hari agar aktivitas di bulan suci ini tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bersama," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019