Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa menegaskan sinergitas antara TNI, Polri, Pemerintah Daerah bersama seluruh komponen masyarakat menjadi simbol laboratorium perdamaian di daerah ini.

"Lewat kegiatan jalan santai hari ini, selain memperingati HUT Bhayangkara ke-73, kami juga merajut sinergitas TNI, Polri, pemerintah daerah serta masyarakat lewat berbagai kegiatan olahraga," kata Kapolda Maluku di Ambon, Sabtu.

Menurut Kapolda, jika semua elemen ini bersatu sebagai sebuah simbol maka Maluku semakin aman dan penuh kedamaian selamanya sehingga aktivitas pembangunan perekonomian dan berbagai bidang akan berkembang semakin baik.

Sementara Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol Moh. Roem Ohoirat mengatakan, sekitar 3.000 personel TNI-Polri dan masyarakat meramaikan kegiatan jalan santai dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-73.

Jalan santai ini melintasi sejumlah kawasan di Kota Ambon, dengan jarak sekitar dua kilometer. Start dari depan tribun Lapangan Merdeka, dan finis di dalam Lapangan Merdeka.

Menurut dia, jalan santai ini merupakan satu dari rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-73, sekaligus sebagai sarana meningkatkan sinergitas, soliditas dan kekompakan TNI-Polri dan masyarakat di Maluku.

"Ada sekitar 3.000 peserta baik dari masyarakat maupun TNI-Polri, yang terlibat dalam kegiatan jalan santai, yang dimulai sekitar pukul 06.30 WIT, tadi pagi. Jalan santai untuk memperingati Hari Bhayangkara ini, juga sebagai bentuk sinergitas, soliditas TNI-Polri dan masyarakat," katanya.

Jalan yang ditempuh sekitar dua kilometer. Kegiatan jalan santai ini diikuti langsung oleh Kapolda Maluku Irjen Pol. Drs Royke Lumowa MM, Pangdam XVI Patimura Mayjen TNI Marga Taufiq, Kabinda Maluku Brigjen TNI Rony, Danlanud Patimura Kolonel Pnb Antariksa Andono, perwakilan pemerintah provinsi, dan pejabat utama TNI-Polri dan anggota serta masyarakat umum.

Mantan Kapolres Maluku Tenggara itu menambahkan, jalan santai ini juga turut dimeriahkan oleh sejumlah artis lokal.

Jalan santai dilanjutkan dengan sejumlah kegiatan dalam rangka membangun dan meningkatkan sinergitas dan soliditas TNI-Polri seperti tarik tambang, dan bakiak.

Ada juga lomba gendong anggota secara estafet dimana setiap tim yang ikut lomba terdiri dari unsur TNI dari matra darat, laut dan udara serta dari personel Polri.

"Selain itu juga dilakukan pembagian doorprice dan yang paling besar itu ada sepeda motor, kulkas dan sejumlah hadiah lainnya yang jumlah sekitar 200," urainya.

Ohoirat berharap, melalui kegiatan-kegiatan tersebut personil TNI-Polri dapat meningkatkan sinergitas dan soliditas, dalam rangka menjalankan tugas ke depan, sebagai aparat pelindung dan pengayom masyarakat.

Sebelumnya, Polda Maluku juga sudah melaksanakan sejumlah kegiatan dalam rangka HUT Bhayangkara, mulai dari gowes puluhan kilo di kabupaten Seram Bagian Barat, Kota Ambon, kemudian renang sinergitas, hingga kegiatan ziarah ke Taman Makam Pahlawan dan tabur bunga di kawasan Teluk Ambon.

 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019