Pemerintah kabupaten(Pemkab) Kepulauan Tanimbar merencanakan pembangunan gelanggang olahraga (GOR) representatif pada 2020.

"Kami telah merencanakan pembangunan GOR pada 2020 dan menjadi gedung pertama yang dibangun sepanjang kabupaten Kepulauan Tanimbat berdiri sejak1999," kata Bupati setempat, Petrus Fatlolon, di Ambon, Rabu.

GOR yang akan dibangun di Saumlaki, ibu kota kabupaten Kepulauan Tanimbar tersebut, anggarannya bersumber dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebesar Rp1 miliar.

"Proposal pengusulan pembangunannya telah kami sampaikan kepada Menpora Imam Nahrawi, setelah sebelumnya dilakukan sejumlah lobi dan pendekatan dengan para pejabat Kemenpora," katanya.

Bupati mengakui, sejak berdiri pada 1999 dengan nama Maluku Tenggara Barat (MTB) kabupaten yang berbatasan dengan negara tetangga Australia tersebut belum memiliki sarana dan prasarana olahraga yang memadai, sehingga turut berdampak terhadap pembinaan kualitas dan prestasi atlet di daerah tersebut.

Keterbatasan fasilitas penunjang tersebut membuat program pembinaan dan pengembangan berbagai cabang olahraga di daerah itu terhambat, padahal potensi untuk melahirkan atlet berkualitas sangat besar untuk mengharumkan nama daerah, provinsi Maluku maupu bangsa dan negara di berbagai kejuaraan.

Sedangkan menyangkut lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan GOR tersebut, menurutnya, masih terdapat banyak lahan kosong yang bisa di manfaatkan, tetapi lokasinya akan dipusatkan di kota Saumlaki.

Pemkab Kepulauan Tanimbar juga mengalokasikan anggaran sebesar Rp1 miliar untuk persiapan lokasi pembangunan GOR, termasuk pembebasan tanah milik warga.

"Karena itu saya berharap usulan proposalnya dapat disetujui, mengingat APBD Kepulauan Tanimbar sangatlah kecil dan tidak mungkin untuk membangun fasilitas olahraga yang megah dan lengkap," tandas Bupati.

Dengan kehadiran GOR representatif dan dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang lengkap, maka akan berdampak meningkatkan program pembinaan berbagai cabang olahraga di kepualaun tanimbar guna melahirkan atlet berkualitas di masa mendatang.
 

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019