Kapolda Maluku Irjen Pol. Royke Lumowa, didampingi Dansat Brimob Kombes M. Guntur, Dirkrimsus Kombes Firman Nainggolan, dan Komandan Detasemen Gegana Kompol Egia mengunjungi personel Brimob yang tengah melaksanakan tugas Operasi Namengkawi di kabupaten Nduga Papua.

"Kunjungan kapolda untuk melihat secara langsung kondisi anggota yang sedang melaksanakan tugas operasi dalam rangka pemberantasan Kelompok Kriminal Bersenjata di daerah tersebut, sekaligus memberi motivasi dan semangat kepada mereka," kata Kabid Humas Polda setempat, Kombes Pol Mohamad Roem Ohoirat di Ambon, Jumat.

Dikatakan, kapolda dan rombongan berangkat dari bandara Pattimura, menuju Makassar, kemudian menuju Jayapura dan bermalam di Kota Jayapura.

Setelah itu rombongan berangkat menuju Timika dan langsung menuju Distrik Kanyem, Kabupaten Nduga dengan menumpangi helikopter polisi.

"Tiba di Kanyem Nduga, pak kapolda kemudian memberikan motivasi dan menyemangati personil untuk tetap semangat dalam melaksanakan tugas, disamping menjaga diri dan kesehatan," kata dia.

Mantan Kakor Lantas Polri ini bersama rombongan berada di Kanyem Nduga selama beberapa jam setelah itu kembali ke Timika.

"Sekitar dua hingga tiga jam di Distrik Kanyem Nduga setelah itu langsung mereka kembali ke Timika, untuk kembali lagi ke Kota Ambon," ujarnya.

Juru bicara Polda Maluku ini menambahkan, walaupun disibukkan dengan tugas selaku Kapolda, tetapi beliau selalu menyempatkan diri untuk mengunjungi anggota yang sedang melaksanakan tugas dimanapun.

Sebelumnya ketika Polda Maluku mengirim pasukan untuk pengamanan rekapitulasi hasil Pemilu di Jakarta, Kapolda sempat mengunjungi mereka.

Kemudian Polda Maluku mengirim pasukan BKO ke Manokwari Papua Barat dalam rangka mengamankan demo yang berujung aksi anarkis, Kapolda Juga mengunjungi mereka, dan saat ini walaupun kondisi keamanan di Kabupaten Nduga masih belum aman betul namun kapolda tetap mengunjungi mereka sebagai wujud perhatian dan cinta kepada anggota.

Diakui, personil Brimob Maluku dianggap tangguh dan berhasil oleh pimpinan Polri, sehingga selalu dilibatkan dalam berbagai operasi di Indonesia.

"Mulai dari penugasan di operasi Tinombala dalam rangka pemberantasan kelompok teroris di Poso, penugasan di Papua beberapa waktu lalu, belum lagi tugas pengamanan di Jakarta dan beberapa tugas lainnya," katanya.

Untuk diketahui, ada sekitar dua kompi personil brimob Polda Maluku yang bertugas di Papua Barat dan satu kompi saat ini sedang melaksanakan operasi Namengkawi di Kabupaten Nduga Papua.
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019