ASDP Cabang Ternate, Maluku Utara (Malut) dalam menghadapi perayaaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 telah menyediakan sedikitnya 11 kapal feri berbagai rute dalam melayani arus mudik dari Pulau Halmahera hingga rute Sulawesi Utara.

"PT ASDP cabang Ternate menyediakan sebanyak 11 kapal feri untuk melayani masyarakat yang hendak mudik antaraerah di Malut maupun rute Kota Bitung, Sulawesi Utara dan ini merupakan antisipasi terjadinya peningkatan pemudik yang diperkirakan naik sekitar tiga persen dari tahun sebelumnya," kata Manager Operasional PT ASDP Cabang Ternate, Marsadik di Ternate, Senin.

Menurut dia, dalam momentum hari Natal dan Tahun Baru 2020, ASDP menyediakan dua kapal untuk melayani pemudik selama Natal dan Tahun Baru di Kabupaten Halmahera Utara menyesuaikan penduduk disini yang mayoritas penduduknya beragama Nasrani.

Sedangkan,untuk Kota Ternate rute Bitung akan disediakan 3 armada kapal untuk mengantisipasi lonjakan pemudik yang menggunakan angkutan kendaraan roda empat untuk melakukan pelayaran menggunakan kapal feri.

Dia mengakui, dalam momentum hari libur panjang Natal dan Tahun Baru 2020, banyak diprediksi akan masyarakat waktu untuk berlibur, ada pula yang mudik keluarganya, maka dibutuhkan transportasi laut yang memadai agar bisa menampung penumpang yang mengalami peningkatan tersebut.

Bahkan, PT ASDP Cabang Ternate, akan menyiapkan jalur lintas laut pengangutan Ferry dengan rute, Ternate -Tidore, Ternate -Sofifi dan Juga Ternate - Bitung dalam mengantisipasi terjadinya kenaikan arus mudik nantinya, maka ASDP bakal menyiapkan tujuh unit penyebrangan feri.

Dia mengatakan, menjelang Natal dan Tahun Baru, ASDP akan persiapkan beberapa Armada agar bisa menjaga jangan sampai terjadi antrian panjang, sehingga, untuk Ternate-Bitung disiapkan tiga armada yakni KMP Potling 08, KMP Gurango dua unit, KMP Munik 07.

Kendati demikian, ASDP telah memiliki tiga skenario dalam mengatasi masalah lonjakan penumpang dan kendaraan, di mana dalam sekenario ini antara lain jadwal jadwal, Kondisi padat, jadi kondisi penyembarangan nanti disesuaikan jika terjadi peningkatan volume penumpang.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019