Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Taliabu, Maluku Utara (Malut) menjadwalkan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara dalam jaringan (online) pada  22 -26 Februari 2020 di Desa Bobong, Kecamatan Taliabu Barat.

Kepala Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur (KPSDMA) Pulau Taliabu, Agus Salim Ganiru di Ternate, Rabu, menyatakan sesuai data Badan Kepegawaian Negara (BKN), pada tahun ini ada 2.138 peserta yang akan mengikuti tes itu.

"Para peserta diharapkan siap, mulai dari sekarang harus belajar dengan sungguh-sungguh sebab seleksi ini dilakukan sangat ketatf dan tidak ada unsur koneksi yang bisa meloloskan orang tertentu sebab tes ini menggunakan sistem CAT, yang juga proses penilaiannya disaksikan langsung oleh banyak orang," katanya.

Sementara itu, sejumlah kabupaten/kota di Malut menyatakan tes CPNS memasuki hari ketujuh Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bidang Formasi Tenaga Kesehatan (FTK), yang melewati ambang batas kelulusan sangat minim.

Di Kota Ternate misalnya, menurut Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDMD) Pemerintah Kota Ternate, Junus Yau, dari 236 orang mengikuti tes, peserta yang memenuhi persyaratan melalui Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) hanya 52 orang.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020