Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Maluku Tenggara (Malra) Martinus Mon menyatakan, beberapa dinas yang selama ini mengontrak bangunan milik warga sebagai kantor akan dialihkan aktivitasnya ke kantor baru Bupati yang telah rampung pembangunannya.

"Dinas-dinas yang selama ini mengontrak bangunan milik warga dipastikan akan berkantor di kantor bupati yang baru di Debut," kata Martinus di Langgur, Jumat.

Pemindahan aktivitas dinas-dinas tersebut dilakukan guna efisiensi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Maluku Tenggara.

Ia menyatakan kebijakan itu diambil karena bangunan kantor sudah selesai dibangun, juga mengurangi beban APBD dalam membayar sewa rumah warga untuk perkantoran.

Dinas dan badan yang dipastikan akan beraktivitas di kantor Bupati baru diantaranya, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Infokom, Dinas Perumahan Pemukiman dan Badan Kepegawaian Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Malra.

Namun, untuk BKPSDM ruangannya belum bisa ditempati karena selain tidak bisa menampung semua ASN, ruangannya sementara ditempati oleh Sat Pol PP Malra.

Martinus menambahkan selain dinas dan badan, lantai satu kantor baru bupati yang sudah rampung sekalipun belum nyaman akan mulai ditempati dan dimanfaatkan oleh seluruh bagian Sekertariat Daerah Pemkab Malra.

"Kita memanfaatkan kantor bupati baru yang sudah siap, walaupun terasa belum nyaman, karena ke depan pekerjaan lanjutan gedung kantor bupati masih berjalan terutama lantai dua," katanya.

Untuk lantai satu, sekalipun masih ada kekurangan sana sini, tapi tetap akan dipenuhi oleh bagian umum terkait sarana prasarana yang belum tersedia.

"Sudah satu minggu mobilisasi sarana prasarana sudah dilakukan oleh dinas, badan dan bagian-bagian terkait, dan sesuai petunjuk Sekertaris Daerah aktivitas perkantorannya sudah efektif pada hari Senin (2/3)," katanya.

Disinggung soal Bupati dan Wakil Bupati apakah juga sudah berkantor di kantor baru, Martinus menerangkan bahwa untuk sementara Bupati dan Wakil Bupati masih beraktivitas di kantor lama, menunggu perubahan-perubahan pada ruangannya, sementara Sekda sudah dapat berkantor di kantor baru.

Martinus juga menambahkan kantor lama bupati di jalan Jenderal Sudirman yang telah dikosongkan akan ditempati oleh Bappeda dan Dinas Perikanan Malra.

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020